Iyos Somantri : Desa Pasirhalang Pilot Projek Program Gerakan Memakmurkan Masjid dan Mushola

Kamis, 24 Februari 2022 - 11:48 WIB
Iyos Somantri : Desa Pasirhalang Pilot Projek Program Gerakan Memakmurkan Masjid dan Mushola
Iyos Somantri : Desa Pasirhalang Pilot Projek Program Gerakan Memakmurkan Masjid dan Mushola

TatarSukabumi.ID - Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri tinjau Taman Bejo milik Pemerintah Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja, Kamis (24/02/2022).

Secara simbolis Wabup melaksanakan panen bibit Bawang Daun di lokasi pembibitan Taman Bejo dalam program GM3 Gerakan Memakmurkan Masjid dan Mushola.

Hasil panen bibit tanaman ini selanjutnya diserahkan kepada Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang nantinya akan ditanam kembali di lahan pekarangan Masjid dan Mushola di wilayah Desa Pasirhalang.

"Kita lihat tanamannya sangat bagus, selanjutnya panen perdana ini akan disalurkan ke DKM di Desa Pasirhalang. Gerakan memakmurkan masjid dan mushola selain menggerakkan peribadatannya, untuk perekonomian ditopang dengan penanaman sayuran di sekitar masjid. Sehingga para jemaah ikut berkontribusi,"

"Ini program sangat baik selain meningkatkan ketaqwaan dan keimanan juga meningkatkan perekonomian," ungkap Iyos Somantri kepada TatarSukabumi.ID, Kamis (24/02).

BACA JUGA : Marwan Hamami : Fungsi Pengawas Sekolah Sebagai Mata dan Telinga Bupati

Iyos Somantri menyebut program ini menjadi linear dengan visi misi Kabupaten Sukabumi, mengingat salah satu misi Kabupaten Sukabumi adalah peningkatan agribisnis dan Pariwisata berkelanjutan.

Wabup berharap kedepan program pemberdayaan GM3 Gerakan Memakmurkan Masjid dan Mushola ini bisa menjadi pilot projek di Kabupaten Sukabumi.

"Kita berharap yang lain bisa mengikuti, kita akan tularkan ke kecamatan lain, dimulai oleh Desa Pasirhalang kita sebar ke seluruh Kecamatan Sukaraja, dan selanjutnya kita akan ekspansi ke wilayah lain di Sukabumi," tutur Iyos.

BACA JUGA : 42 Kendaraan Hasil Curanmor Berhasil Diamankan Polres Sukabumi, Seperti Ini Cara Korban Ambil Kendaraan Hilang

Ditempat yang sama, Kepala Desa Pasirhalang, Yusuf Purnama kepada TatarSukabumi.ID menyebut program pemanfaatan lahan pekarangan Mushola dan Masjid awalnya merupakan salah satu program PKK Desa Pasirhalang yang berhasil meraih predikat kedua taman herbal tingkat Provinsi Jawa Barat.

Masih kata Dia, pelaksana penyelenggara program yang melibatkan pengurus Masjid menjadi cikal bakal lahirnya program GM3, menurut Kades hal ini disambut baik oleh Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

Dari total 32 Masjid di wilayah Desa Pasirhalang, Yusuf menyebut saat ini telah tergabung 26 Masjid dalam program GM3 ini.

"Tidak hanya pemanfaatan lahan Masjid dan Mushola, kedepan seluruh masyarakat bisa memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya." ungkap Yusuf.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI