Tunggu Relokasi Jembatan Lalay Warungkiara Diperbaiki

Kamis, 03 Agustus 2023 - 21:37 WIB
Tunggu Relokasi Jembatan Lalay Warungkiara Diperbaiki
Tunggu Relokasi Jembatan Lalay Warungkiara Diperbaiki

TatarSukabumi.ID - Setelah sebelumnya sempat dikeluhkan warga, Jembatan Lalay di perbatasan Desa Bantarkalong dan Desa Sirnajaya, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, saat ini tengah dilakukan perbaikan.

Jembatan Lalay merupakan akses bagi setidaknya warga 3 desa meliputi Desa Bantarkalong, Mekarjaya dan Desa Hegarmanah,jembatan ini akses vital untuk menuju pusat pemerintahan, fasilitas kesehatan dan pendidikan, serta membawa hasil bumi ke perkotaan.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Desa Bantarkalong, Rohmatulloh, Dia mengatakan Jembatan inu sangat menunjang roda perekonomian masyarakat.

"Jembatan ini sangat vital sekali untuk menunjang mobilisasi hasil bumi, termasuk angkutan anak sekolah dan ke pusat pemerintahan kita melintas ke situ," ujar Rohmatulloh, Kamis (03/08).

BACA JUGA : Moge Adu Banteng Bus Pariwisata di Ruas Jalan Sukabumi - Palabuhanratu

Kondisi besi jembatan mengalami kerusakan, berkarat hingga sebagian patah, tentunya hal itu cukup membahayakan pengguna jalan.

"Kondisi sebelumnya, besi di bagian pinggir, bagian bantalannya juga, serta bantalan pondasi bagian bawah besi-nya sudah mulai keropos, jadi sangat membahayakan. Tidak hanya itu, batu dan juga pondasinya sudah terkikis air, tali selingnya juga sudah usang," sambung Kades.

"Saya mewakili kepala Desa yang lain, mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak, kepada Pak Bupati Marwan Hamami, Pak Kadis PU Asep Japar, dan semua pihak, hari ini jembatan sedang dilakukan perbaikan," ungkap Rohmatulloh.

BACA JUGA : Minimalisir Resiko Kecelakaan Pelajar Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler

Masih kata Kades, rencananya jembatan ini akan direlokasi, mengingat jembatan dengan panjang hampir 80 meter yang melintang di atas Sungai Cimandiri itu sebelumnya hanya bisa dilewati kendaraan bermuatan sekitar 1 ton.

Pembatasan berat kendaraan itu diberlakukan pemerintah desa untuk mencegah kecelakaan kendaraan saat melintasi jembatan.

"Ya kemarin kami lakukan pembatasan maksimal beban, hal ini dilakukan akibat kondisi jembatan tersebut, yang alami kerusakan, dan alhamdulilah saat ini tengah dilakukan perbaikan," tuturnya.

BACA JUGA : Capaian Kinerja dan Perubahan Logo RSUD R Syamsudin SH Sukabumi

Rohmatulloh menyatakan, warga dari 3 Desa sangat menunggu pemerintah daerah melakukan relokasi jembatan.

Kades menyebut Pemkab Sukabumi saat ini telah melakukan pembebasan lahan yang nantinya akan dibangun jembatan baru.

"Jami berharap rencana relokasi jembatan di tahun 2024 menjadi prioritas dan segera terwujud, untuk relokasi pembebasan lahan sudah, tinggal aksi pembangunan dan kami sangat menunggu."  Pungkasnya.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI