Aksi Emak-emak di Sukabumi Protes Jalan Rusak, Bina Marga Jabar Angkat Suara

Selasa, 25 April 2023 - 21:36 WIB
Aksi Emak-emak di Sukabumi Protes Jalan Rusak, Bina Marga Jabar Angkat Suara
Aksi Emak-emak di Sukabumi Protes Jalan Rusak, Bina Marga Jabar Angkat Suara

TatarSukabumi.ID - Tak sabar melihat kondisi jalan rusak, warga Kampung Cilangkap, Desa / Kecamatan Cikembar, menggelar aksi turun ke jalan sebagai bentuk protes kepada Pemprov Jabar atas ruas jalan provinsi yang tak kunjung diperbaiki, Selasa (25/04/2023).

Aksi yang melibatkan banyak kalangan Emak-emak ini menuai sorotan pengguna jalan, mereka membentangkan baliho sebagai bentuk aspirasi dan menabuh alat dapur sebagai bentuk aksi protes atas jalan rusak.

Menanggapi aksi yang dilakukan warga, Kepala UPTD Pelayanan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan II pada Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Andi Nugroho, S.T menjelaskan dalam waktu dekat akan ruas jalan tersebut akan dilakukan perbaikan.

Lanjut Andi, ruas jalan Pelabuhan II yang diprotes warga akan dilakukan pemeliharaan (tambal sulam) yang proses pengerjaannya akan dilakukan oleh PT Semen Jawa.

"Di program kita (Bina Marga Jabar) masuk dalam usulan perubahan tahun 2023. (Untuk) ruas jalan Sukabumi - Cikembang - Cikembar tahun ini, kita sudah melakukan kegiatan dengan pemeliharaan berkala sepanjang 3,59 kilometer," kata Andi Nugroho, Selasa (25/04).

BACA JUGA : Jalan Rusak! Emak-emak Tagih Janji Wakil Gubernur Jabar dan Tak Pilih Ridwan Kamil

Masih kata Andi, dalam program perubahan tahun anggaran 2023 mendatang, ruas jalan tersebut juga telah diusulkan penanganan sepanjang 1,9 kilometer.

"Jadi selama program usulan itu belum berjalan, (untuk) penanganan jalan masih dilakukan sesuai perjanjian kerjasama dengan PT Semen Jawa," tukasnya.

Selain itu sambung Andi, perbaikan jalan rusak Pelabuhan II ruas Sukabumi - Cikembang - Cikembar, dilakukan secara bertahap dan terakhir saat ini proses kegiatan baru sampai dengan pemberian agregat dan tertunda, karena supplier batu masih libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Jadi, proses perbaikan akan dilanjutkan segera setelah penyedia batu agregat buka pasca libur lebaran," terangnya.

BACA JUGA : Terjadi Bottleneck di Exit Tol Parungkuda Polisi Siapkan Rekayasa One Way

Diberitakan sebelumnya, warga masyarakat menggelar aksi atas kondisi jalan Pelabuhan II yang rusak, padahal sebelumnya warga mengaku, Pemprov Jabar sempat berjanji akan melaksanakan perbaikan ruas jalan tersebut.

Aksi massa ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya mereka sempat melakukan hal serupa, yang ditanggapi dengan kehadiran Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum ke Sukabumi.

Dalam aksi massa kedua hari ini, warga menagih janji Wakil Gubernur Jabar yang menjanjikan perbaikan ruas jalan tersebut.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI