Jembatan Penghubung Cikakak dan Kampung Adat Ciptagelar Mengkhawatirkan

Selasa, 20 November 2018 - 00:00 WIB

Jembatan Penghubung Cikakak dan Kampung Adat Ciptagelar Mengkhawatirkan
Jembatan Penghubung Cikakak dan Kampung Adat Ciptagelar Mengkhawatirkan

Jembatan menuju Kampung Adat Ciptagelar /Foto : Rudi Imelda (11/11/2018)


TatarSukabumi.ID -  Jembatan penghubung Desa Sirnarasa Kecamatan Cikakak dengan Kampung Ciptagelar, Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok, cukup memprihatinkan.


Dari pantauan TatarSukabumi.ID kondisi jembatan yang terbuat dari kayu mengalami kerusakan pada bagian tiang penyangga yang nampak miring dikhawatirkan roboh.


Akibat tiang penyangga yang nyaris roboh, kondisi jembatan nampak miring tidak seimbang ditambah kondisi kayu yang nampak telah cukup usang dimakan usia.


BACA JUGA : Bupati Sukabumi Tegaskan Kades Jangan Pakai Dana Desa Seolah Uang Pribadi


Ditemui disekitar Jembatan, menurut Jemi warga Kampung Ranca'eurang, Cikakak, Jembatan tersebut sempat diperbaiki atas inisiatif swadaya dan gotong royong warga.


Padahal, akses jalan ini merupakan akses menuju Kampung Adat Ciptagelar yang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Sukabumi.


Jembatan menuju Kampung Adat Ciptagelar /Foto : Rudi Imelda (11/11/2018)


Menurut Jemi tidak hanya warga setempat yang membutuhkan akses perbaikan jembatan, akses jembatan juga diperlukan sebagai sarana penunjang destinasi wisata Kampung Adat Ciptagelar, "Beberapa waktu lalu, ibu Dewi Asmara, dan bapak Bupati melintasi jalan serta jembatan tersebut waktu ada acara Seren Taun di Ciptagelar," ujar Jemi kepada TatarSukabumi.ID Minggu [11/11/2018].


BACA JUGA : Diduga Gegara Proyek, Material Lumpur Genang Akses Jalan di Parungkuda


Lebih jauh menurut Jemi, Mobil barang dengan muatan penuh cukup riskan untuk melintas jembatan, namun beberapa Sopir  mengaku nekad melintas karena jika tidak dipaksakan melewati jembatan ini maka rute perjalanan akan berputar cukup jauh dan kondisi jalan yang dilewati sangat rusak.


"Bukan tidak takut ambruk namun ini jalan yang terdekat ya melintas jembatan tersebut, kalau lewat jalan lain harus muter jauh serta jalannya lebih rusak karena masih bebatuan. Warga berharap jembatan ini segera diperbaiki atau dibangun kalau dibiarkan ditakutkan ambruk," harapnya.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI