Gempa Tektonik Guncang Bogor Kekuatan 4.7 SR 

Minggu, 15 Januari 2023 - 03:44 WIB
Gempa Tektonik Guncang Bogor Kekuatan 4.7 SR 
Gempa Tektonik Guncang Bogor Kekuatan 4.7 SR 

TatarSukabumi.ID - Gempabumi dirasakan sejumlah Warga Sukabumi, meski guncangan dirasa tidak terlalu besar namun cukup membangunkan warga yang tengah terlelap. 

Gempa dengan magnitudo 4,7 guncang wilayah Bogor, Jawa barat pada pukul 03.32.19 WIB dini hari tadi, Minggu (15/01/2023).

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr. DARYONO, S.Si., M.Si menyebut wilayah Cigudeg, Bogor, Jawa Barat diguncang gempa tektonik.

BACA JUGA : Mobil Tanpa Awak Terjun Bebas Masuk Sawah di Sukabumi

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4,7.

Episenter Gempa terletak pada koordinat 6,52° Lintang Selatan, dan 106,58° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Cigudeg, Bogor, Jawa Barat pada kedalaman 146 km.

"Jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia,"

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault)." terang Daryono, Minggu (15/01).

BACA JUGA : Rumah Penjaga Portal Perlintasan Kereta Api di Cibadak Ludes Terbakar

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Cikeusik, Bogor dengan skala intensitas III, daerah Jasinga, Bogor dengan skala intensitas II MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,"

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi Tsunami," beber Daryono.

Hingga pukul 03.55 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

Menurut Daryono, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Serta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah." tandasnya.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI