KMHA Kabupaten Sukabumi Terbanyak Se-provinsi Jabar

Kamis, 05 Januari 2023 - 17:31 WIB
KMHA Kabupaten Sukabumi Terbanyak Se-provinsi Jabar
KMHA Kabupaten Sukabumi Terbanyak Se-provinsi Jabar

TatarSukabumi.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi terima penghargaan sebagai lembaga pemerintah daerah dengan jumlah terbanyak yakni 14 lembaga adat desa tingkat provinsi Jawa barat tahun 2022, anugerah ini diberikan bertepatan dengan acara peresmian Leuit Ketahanan Pangan Digital Desa, Bertempat Di desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Gungun Gunardi, menyebut bahwa pengembangan lembaga adat merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi DPMD.

Menurut Gungun Lembaga adat terutama kesatuan masyarakat hukum adat merupakan bagian penting dalam pengembangan seni budaya.

BACA JUGA : Sertijab 7 Kapolres Baru di wilayah Jawa Barat 

Sebagaimana amanat Permendagri nomor 52 tahun 2014 tentang pedoman pengakuan Masyarakat hukum adat, di kabupaten Sukabumi nomenklatur kesatuan masyarakat hukum adat telah terbentuk.

"Dimana pada tahun 2022 pemerintah provinsi mengadakan pendataan di seluruh Jawa Barat 

ternyata berdasarkan informasi awal tim provinsi terdapat sebanyak 60 kesatuan masyarakat hukum adat (KMHA), tetapi hanya 50 KMHA yang masih eksis terutama dari jumlah se-Jawa barat itu yang paling terbanyak ada di kabupaten Sukabumi yaitu sebanyak 14 masyarakat adat atau lembaga adat desa," terang Gungun.

Dari jumlah 50 KMHA telah dilakukan penilaian oleh tim Jawa Barat dimana setidaknya 10 masyarakat adat yang dinilai tertinggi se-Jabar.

Cakupan penilaian meliputi aspek lingkungan geografis, nama dan bahasa, organisasi sosial, tradisi hukum adat, ekologi, asal usul, kesan, lokasi permukiman dan sistem ke-adatan.

"Kemudian dari 10 terbaik tersebut ternyata 4 kesatuan masyarakat adat itu ada di kabupaten sukabumi yaitu Kasepuhan Gelar Alam (Cipta Gelar, Sirnaresmi, Ciptamulya dan Ciptarasa, " Pungkas Gungun.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI