Operasi Lilin Lodaya 2022 Polres Sukabumi Kota Libatkan 755 Personel 

Kamis, 22 Desember 2022 - 13:41 WIB
Operasi Lilin Lodaya 2022 Polres Sukabumi Kota Libatkan 755 Personel 
Operasi Lilin Lodaya 2022 Polres Sukabumi Kota Libatkan 755 Personel 

TatarSukabumi.ID - Gelar Pasukan dalam rangka menyukseskan Operasi Lilin Lodaya 2022 dilaksanakan Polres Sukabumi Kota di Terminal Jalur Sukabumi, Jalan Lingkar Selatan, Kamis (22/12/2022).

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP SY. Zainal Abidin kepada awak media menyatakan Operasi Lilin Lodaya 2022 dilakukan untuk mengantisipasi seluruh potensi gangguan keamanan, keselamatan, kelancaran lalulintas, potensi gangguan Kamtibmas, maupun potensi bencana alam menjadi fokus Polres Sukabumi Kota.

"Bahwa fokus kegiatan Operasi Lilin Lodaya 2022 adalah kegiatan preventif, pencegahan, dengan mengikutsertakan kegiatan deteksi sehingga upaya pencegahan kita prioritaskan dalam penanganan Natal dan Tahun Baru kali ini," ungkap Zainal Abidin, Kamis (22/12).

"Kita menyiapkan secara keseluruhan 700 personil dimana 455 adalah anggota Kepolisian kemudian 245 dari unsur Pemerintahan TNI dan Unsur stakeholder terkait," sambung Dia.

"Dari jumlah kekuatan tersebut kami akan melakukan kegiatan pengamanan dengan menggelar 1 Pos Terpadu 9 Pos Pengamanan dan 3 Pos Pelayanan di seluruh wilayah hukum Polres Sukabumi Kota," beber Kapolres Sukabumi Kota usai memeriksa seluruh kesiapan personel dalam Operasi Lilin Lodaya 2022.

BACA JUGA : Jangan Salah Tafsir Tol Bocimi Seksi Cigombong Cibadak Hanya Dibuka Secara Fungsional

Lanjut Zainal Abidin, dalam operasi Lilin Lodaya 2022, Polres Sukabumi Kota juga membentuk satuan tugas (satgas) khusus.

"Dari seluruh personil yang kami sebar itu juga ada melibatkan Satgas Khusus yang sifatnya mengatur keamanan keselamatan ketertiban lalulintas yang telah kami ploting di titik tertentu untuk antisipasi rawan laka dan macet selama libur Natal dan Tahun Baru ini," bebernya.

Kapolres menambahkan, pada Natal dan Tahun Baru kali ini, Polres Sukabumi Kota telah melakukan pemetaan di sejumlah titik.

"Semua menjadi fokus kami. Kita telah melakukan pemetaan Ada 18 Gereja, 9 tempat Wisata, 3 stasiun yang akan kita fokuskan pengamanannya," tegas Zainal Abidin.

BACA JUGA : Tol Bocimi Cigombong - Cibadak Mulai Dibuka Besok Ini Ketentuannya

Untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan di musim libur Natal dan Tahun Baru, Zainal menyebut pihaknya telah menjalin koordinasi dengan Polres Sukabumi untuk mengantisipasi membludaknya arus masuk ke Kota Sukabumi.

Terkait pembukaan akses Tol Bocimi Seksi II ruas Cigombong dengan exit gate Parungkuda, Kapolres Sukabumi Kota memastikan pihaknya siap melakukan rekayasa jalan apabila diperlukan. 

"Apabila ada lonjakan arus dari arah Jakarta menuju Sukabumi sudah kami antisipasi dan rekayasa lalulintas sudah disiapkan sedemikian rupa tinggal menunggu perkembangan situasi yang ada apabila diperlukan," tandasnya.(*)

 

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI