Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Bahas Penambahan Anggaran Bagi Sektor Keagamaan

Kamis, 04 Agustus 2022 - 23:59 WIB
Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Bahas Penambahan Anggaran Bagi Sektor Keagamaan
Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Bahas Penambahan Anggaran Bagi Sektor Keagamaan

TatarSukabumi.ID - Rapat kerja Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi bersama Baznas, MUI, Bagian Kesra Setda, BPKAD, BKPRMI, Unsur Kejaksaan Negeri dan Polres Sukabumi, dilaksanakan di Gedung Islamic Center, Cisaat, Kamis (04/08/2022).

Ketua Komisi IV DPRD, Hera Iskandar, kepada TatarSukabumi.ID mengatakan, rapat kerja kali ini membahas kebutuhan anggaran tambahan yang dialokasikan untuk sektor keagamaan.

"Kita ketahui bersama banyak sekali pondok pesantren, madrasah dan lembaga keislaman di Sukabumi. Usulan dari MUI ada penambahan pembiayaan sarana keagamaan,
karena banyak sekali pesantren terutama di daerah yang masih membutuhkan anggaran," ungkap Hera Iskandar, Kamis (04/08).

BACA JUGA : Perumda AM TJM Fokus Garap Program Pemasangan 2800 Sambungan Langsung Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Hasil rapat kerja hari ini, seluruh unsur sepakat perlunya anggaran tambahan bagi sektor keagamaan, dan hal ini perlu didukung baik oleh eksekutif maupun legislatif.

"Hasil rapat ini kita akan langsung memberikan nota kepada pimpinan DPRD agar nanti di ajukan ke Badan Anggaran.

"Intinya BPKAD merespon cukup baik serta mereka memahami dan menyetujui bahwa  hal ini (tambahan anggaran) merupakan intervensi positif guna mendukung RPJMD dan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi," ungkap Hera.

Namun kata Hera, hasil rapat kerja hari ini belum menjadi kepastian penambahan anggaran di sektor keagamaan, mengingat masih ada tahapan dan proses yang harus ditempuh.

"Tugas kami mendengar aspirasi dan selanjutnya akan Kami suarakan dan sampaikan ke BPKAD," ungkap Hera.

"Bila melihat postur anggaran pada sektor keagamaan tidak lebih dari 17 persen dari seluruh struktur anggaran yang ada dalam APBD Kabupaten Sukabumi," sambung Hera.

"Makanya kita bersama mencari solusi dan formulasi yang sama guna memprioritaskan anggaran keagamaan," pungkas Hera Iskandar dari Fraksi Gerindra.

BACA JUGA : DPRD Inisiasi Lahirnya Perda Ketenagakerjaan di Kabupaten Sukabumi, Pembahasan Raperda Berjalan Alot

Mewakili Ketua MUI Kabupaten Sukabumi, Sekum MUI, KH.Ujang Hamdun menyatakan apresiasi kepada Komisi IV dan perangkat daerah Kabupaten Sukabumi.

"Kita bersama telah berkomitmen dalam penguatan keberpihakan anggaran di tahun 2023 khusus dalam peningkatan bidang keagamaan dan dukungan terhadap sumber daya manusia sektor keagamaan, seperti peningkatan sarana prasarana serta bagaimana peningkatan SDM guru madrasah diniyah, majelis ta'lim dan pondok pesantren salafi yang berada di pelosok wilayah Kabupaten Sukabumi," beber Ujang Hamdun.

"Termasuk juga mendukung visi misi Bupati seiring janji politik bupati dalam bahasan skala prioritas yang masuk dalam tatanan RPJMD." tegas Ujang Hamdun.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI