KPU Resmi Luncurkan Tahapan Pemilu Jelang Pemungutan Suara 14 Februari 2024

Selasa, 14 Juni 2022 - 21:14 WIB
KPU Resmi Luncurkan Tahapan Pemilu Jelang Pemungutan Suara 14 Februari 2024
KPU Resmi Luncurkan Tahapan Pemilu Jelang Pemungutan Suara 14 Februari 2024

TatarSukabumi.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi luncurkan Pemilu 2024.

Peluncuran tahapan Pemilu dilaksanakan KPU RI malam ini, ditandai dengan bunyi sirine yang disiarkan secara virtual diikuti jajaran KPU Daerah seluruh Indonesia, Selasa (14/06/2022).

Terhitung sejak 14 Juni 2022 malam ini, hingga 610 hari kedepan pelaksanaan hari pemungutan suara Pemilihan Umum akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

"Hari ini merupakan peluncuran tahapan Pemilu 2024. Tentunya ini merupakan tahapan awal, kalau hitung mundur 20 bulan sampai hari H pemungutan suara di 14 Februari 2024," ungkap Ferry Gustaman, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, usai mengikuti kegiatan Peluncuran Tahapan Pemilu secara virtual bersama KPU RI, malam ini di Kantor KPU Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/06).

BACA JUGA : Apel Pengawasan Pemilu oleh Bawaslu Kabupaten Sukabumi Pluit Panjang Tanda Awal Tahapan Pemilu 2024 Dimulai

Setelah resmi tahapan Pemilu 2024 diluncurkan malam ini, menurut Ferry Gustaman, mulai besok KPU Kabupaten Sukabumi mulai melaksanakan tahapan persiapan verifikasi Partai Politik.

"Untuk tahapan selanjutnya di tingkat Kabupaten sebenarnya mulai besok kita sudah mulai help desk verifikasi politik, tetapi untuk pendaftaran (Parpol) itu sendiri nanti akan dimulai akhir Juli 2022, selama 3 hari," Kata Ferry Gustaman.

Lanjut Ferry, di Pemilu 2024 mendatang, seluruh Partai memiliki hak dan kewajiban yang sama, yakni menempuh proses tahapan pendaftaran dan verifikasi ke KPU.

"Menurut keputusan Mahkamah Konstitusi, untuk Partai Parlemen hanya masuk syarat verifikasi administrasi saja, jadi tidak ada verifikasi faktual kecuali nanti ada hal lain yang diatur dalam peraturan perundangan.

"Untuk Partai Non Parlemen (tidak memiliki kursi di DPRD) atau Partai Baru, itu harus melakukan verifikasi faktual," jelas Ferry.

Disinggung awak media terkait pesan yang diamanatkan KPU RI kepada KPU Daerah di peluncuran tahapan Pemilu 2024 malam ini, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi angkat suara.

"Pesan pentingnya, kami harus tetap tersenyum, melayani setiap Peserta, Pemilih, utamanya kepada seluruh pihak, harus tetap senyum," tandasnya.

BACA JUGA : DPMD Soroti Anggaran Dana Desa Serta Pendistribusian BLT 10 Desa di Kecamatan Cikembar

Peluncuran tahapan Pemilu 2024 yang dilaksanakan di Kantor KPU Kabupaten Sukabumi dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Mutawali.

"Hari ini Saya ikut menyaksikan sejarah untuk pesta demokrasi yang akan datang Pemilu 2024. Tentunya Kami sebagai Anggota DPRD sesuai arahan dari pusat tentu harus berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan mensupport apa yang dibutuhkan KPU Kabupaten untuk menyelenggarakan Pemilu dengan baik,"

"Kami berharap KPU sebagai penyelenggara, bisa melaksanakan seluruh tahapan dengan baik, sehingga nanti pada pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 dapat terselenggara dengan sukses," ungkap Budi Azhar.

Ditemui ditempat yang sama, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Jujun Juaeni, kepada TatarSukabumi.ID menyatakan, Pemkab Sukabumi siap bersinergi dengan KPU guna menyukseskan Pemilu 2024 mendatang.

"Kami Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan berupaya semaksimal mungkin membantu kelancaran Pemilu, karena ini hajat demokrasi besar yang patut didukung, baik dari sisi anggaran maupun hal lainnya, sehingga Pemilu bisa berjalan sukses," ungkap Jujun Juaeni mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi.

Kepada awak media, Jujun Juaeni sampaikan pesan dari Bupati Sukabumi, Marwan Hamami.

"Pak Bupati berpesan bahwa ini (Pemilu) adalah hajat Nasional, ini adalah proses demokrasi, harus dikawal sampai tuntas, sukses tanpa ekses," tandasnya.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI