Jampe Aki Program Akta Kelahiran dan KK Gratis Bagi Warga Jampangtengah

Jumat, 10 Juni 2022 - 12:11 WIB
Jampe Aki Program Akta Kelahiran dan KK Gratis Bagi Warga Jampangtengah
Jampe Aki Program Akta Kelahiran dan KK Gratis Bagi Warga Jampangtengah

TatarSukabumi.ID - 4 Keluarga terima hadiah berupa Akta Lahir dan Kartu Keluarga (KK) dari Pemerintah Kecamatan Jampangtengah dalam program Jampe Aki (Jampangtengah Peduli Akta Kelahiran dan Ibu Melahirkan).

Akta Kelahiran dan KK diberikan kepada warga masyarakat Kampung Gunung Batu, Desa Sindang resmi, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, diserahkan langsung oleh Camat Jampangtengah, Unang Suryana didampingi Unsur Pemerintah Desa dan Bidan Desa, Kamis (09/06) kemarin.

Disela kegiatan, Unang Suryana kepada TatarSukabumi.ID mengatakan program ini merupakan salah satu terobosan dan inovasi bagi warga Jampangtengah.

"Ini merupakan salah satu terobosan atau inovasi yang saya buat untuk Jampangtengah. Mulai hari ini setiap warga Jampangtengah yang melahirkan akan kami beri hadiah akta lahir dan KK baru," ungkap Unang Suryana, Jumat (10/05).

BACA JUGA : H Royani Ungkap Fakta dan Rahasia Praktek Pengobatan Alternatif Kejantanan Pria di Sukabumi

Lebih lanjut Camat mengatakan, dalam program Jampe Aki, seluruh ibu hamil akan didata sekaligus dilakukan pengawalan hingga kelahiran oleh Bidan Desa, Kader Posyandu dan Pemerintah Desa.

"Jadi setiap ada warga hamil didata oleh Bidan, jelang melahirkan di ingatkan oleh Bidan Desa untuk menyiapkan nama buat anaknya, begitu lahir, ibu bidan memberikan surat keterangan lahir, dan pemerintah Desa menyiapkan persyaratan lain untuk pembuatan akta lahir dan KK," terang Unang.

Mekanisme selanjutnya, Puskesmas dan Pemerintah Desa menyerahkan data untuk pembuatan Akta dan Kartu Keluarga ke pihak UPTD Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil)

"Kami berkolaborasi dengan Disdukcapil kecamatan dan pihak Puskesmas, setelah data diserahkan ke UPTD Disduk, kemudian akta dan KK baru dan dicetak dan selanjutnya diberikan kepada Warga, jadi warga langsung menerima akta dan KK yang sudah diperbaharui anggota keluarganya,"

"Dan Program ini akan terus dilakukan kedepannya sejak hari ini." pungkas Camat.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI