BNNK Sukabumi Tingkatkan Program Intervensi Berbasis Masyarakat

Rabu, 04 November 2020 - 00:07 WIB
BNNK Sukabumi Tingkatkan Program Intervensi Berbasis Masyarakat
BNNK Sukabumi Tingkatkan Program Intervensi Berbasis Masyarakat

TatarSukabumi.ID - Selama 2 hari sejak Senin kemarin, BNNK Sukabumi melalui Bidang Rehabilitasi melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) di 3 Desa Kabupaten Sukabumi, Selasa (3/11/2020).

Peningkatan kapasitas IBM di Desa Parungseah, Nangerang dan Desa Cisaat merupakan salah satu upaya ekstensifikasi yang dilakukan BNNK Sukabumi  melalui pemberdayaan masyarakat di tingkat desa, agar secara mandiri dapat memberikan layanan rehabilitasi dasar dengan konsep dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat juga sedang dijalankan.

Kasi Rehabilitasi BNNK Sukabumi, Bambang Sutedjo, kepada awak media menyatakan, layanan rehabilitasi BNNK Sukabumi menciptakan terobosan dan inovasi dalam upaya peningkatan kapasitas layanannya kepada masyarakat.

BACA JUGA : Ada yang Beda Dari Operasi Zebra Lodaya 2020 Polres Sukabumi Kota

Mulai dari intensifikasi layanan dengan konsep konseling keliling, dan peningkatan kapasitas personil konseling melalui pelatihan bagi personil BNN dan mitra penyedia layanan rehabilitasi hingga pelayanan pemantauan kepada klien rehabilitasi dan pasca rehabilitasi.

"Diharapkan seluruh peserta peningkatan kapasitas petugas IBM bisa memahami materi dan mampu mengaplikasikan dalam melaksanakan tugas sebagai petugas IBM," kata Bambang.

"Sehingga Petugas IBM nantinya dapat membantu masyarakat dalam memfasilitasi program rehabilitasi maupun pasca rehabilitasi dengan tujuan membantu para mantan pecandu atau penyalahgunaan narkoba bisa mempertahankan kepulihan nya, hidup mandiri, produktif dan berfungsi sosial sebagaimana pada umumnya." ungkap Bambang.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI