Gempa Terkini Sukabumi M 4.9

Selasa, 08 September 2020 - 11:23 WIB
Gempa Terkini Sukabumi M 4.9
Gempa Terkini Sukabumi M 4.9
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID -  Gempa berkekuatan 4.9 Skala Richter mengguncang Sukabumi bagian Selatan pada Selasa (8/9/2020).

Data tertulis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  Gempa terjadi tepat pukul 09:06:13 WIB.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa berkekuatan M 4.9 memiliki episenter pada koordinat 7.8 Lintang Selatan (LS) dan 106.5 Bujur Timur (BT) berlokasi di laut pada jarak 90 kilometer Barat Daya Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho menyatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar dasar laut di bagian lempeng Eurasia.

BACA JUGA : Avanza Tabrak Pohon di Ruas Jalan Surade Ujunggenteng

Berdasar peta tingkat guncangan (shake map) BMKG, gempa ini dirasakan  di wilayah Kabupaten Sukabumi dengan Skala Intensitas III MMI, Cianjur dengan Skala Intensitas II - III MMI, dan Kota Bandung dan Cimahi dengan Skala Intensitas II MMI.

"Hingga pukul 09:35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (after shock).

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut," ungkap Hendro Nugroho, Selasa (8/9).

BACA JUGA : PPOB BUMDes Bojong Cikembar Mempermudah Masyarakat Melakukan Transaksi Keuangan

Gempa ini tidak berpotensi Tsunami, BMKG menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

"Getarannya tidak lama paling sekitar 3-4 detik tapi cukup kaget juga," ujar Iwan wisatawan asal Bandung, yang berada di Pantai Ujunggenteng Sukabumi.

Hal senada di katakan Sri, warga Cigaru kecamatan Simpenan, "Cukup kaget juga, kebetulan lagi dikamar mandi terlihat air di bak bergoyang dan terasa bergetar tapi tidak lama," ungkap Sri.(*)