Penjelasan Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota Terkait Uji Coba Penerapan e-Tilang Sistem CCTV di Sukabumi

Kamis, 06 Februari 2020 - 12:33 WIB
Penjelasan Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota Terkait Uji Coba Penerapan e-Tilang Sistem CCTV di Sukabumi
Penjelasan Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota Terkait Uji Coba Penerapan e-Tilang Sistem CCTV di Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Penerapan tilang elektronik (e-tilang) yang akan di uji coba terapkan mulai pukul 07.00 WIB Kamis (6/2) di Kota Sukabumi merupakan berita Hoak.

Hal ini ditegaskan Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota AKP Atik Suswanti kepada TatarSukabumi.ID di Mapolresta Sukabumi, Kamis (6/2/2020).

BACA JUGA : Polres Sukabumi Akan Tindak dan Tertibkan Pertambangan Ilegal

Uji coba penerapan e-tilang di Sukabumi sebelumnya sempat viral di media sosial dan menjadi pesan berantai dalam aplikasi perpesanan Whatsapp.

Berita yang tersebar menyatakan akan dilakukannya uji coba e-tilang dengan sistem camera video CCTV yang berada di sejumlah titik Kota Sukabumi diantaranya Perempatan Degung, Pertigaan Cisaat, Pintu Hek, Jalan Pemda, Pertigaan Pintu Kereta, Jalan Baros, Terminal Jubleg dan Jalan Jalur Lingkar Selatan Sukabumi.

Masih dalam berita hoak yang tersebar, nantinya CCTV akan menangkap secara detail visual para pelanggar lalu lintas (wajah/nopol) dan selanjutnya akan dilakukan penilangan secara elektronik, bukti tilang akan dikirim ke rumah / alamat sesuai Nopol kendaraan.

BACA JUGA : Polisi Buru Pelaku Kejahatan Jalanan di Sukabumi, Kapolres : Kelompok Ini Selalu Kucing-kucingan

"Berita tentang CCTV itu adalah berita hoak, memang untuk wilayah Jakarta itu sudah berlaku dan di Polrestabes Bandung karena perangkatnya sudah memadai.

"Untuk di wilayah Sukabumi Kota, perangkatnya sendiri (CCTV) kami belum siap. Tapi himbauan untuk tertib berlalu-lintas itu baik untuk masyarakat, nah untuk berita uji coba e-tilang di Sukabumi adalah Hoak," tegas Atik Suswanti, Kamis (6/2).

Lebih jauh Kasat Lantas Polres Sukabumi memastikan, program e-tilang dari Korlantas Polri akan diterapkan di Sukabumi apabila perangkat pendukung telah memadai.

"Mungkin kedepannya, kita akan lakukan karena itu program Korlantas Polri, untuk sekarang ini di berlakukan di Jakarta dulu karena kelengkapan dan perangkatnya telah siap namun untuk di Sukabumi belum," tandasnya.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI