Potensi Bencana Sukabumi Tinggi, Tim Gabungan Polres Sukabumi Kota Siaga

Rabu, 01 Januari 2020 - 22:32 WIB
Potensi Bencana Sukabumi Tinggi, Tim Gabungan Polres Sukabumi Kota Siaga
Potensi Bencana Sukabumi Tinggi, Tim Gabungan Polres Sukabumi Kota Siaga

TatarSukabumi.ID - Memasuki awal tahun 2020, prediksi cuaca musim penghujan cukup berpotensi menimbulkan bencana alam di wilayah Sukabumi.

Menindak lanjuti hal tersebut, Kepolisian Resor Sukabumi Kota menggelar apel siaga bencana yang digelar di Mapolresta Sukabumi, Rabu (01/01/2020).

Apel dipimpin Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Wisnu Prabowo, melibatkan unsur TNI (Kodim 0607 Kota Sukabumi), BPBD Kota Sukabumi, Damkar Kota Sukabumi, PMI Kota Sukabumi dan seluruh Camat Kota Sukabumi.

BACA JUGA : Jalan Desa Amblas Timpa Rumah Warga Caringin

AKBP Wisnu Prabowo dalam apel menyampaikan, untuk antisipasi serta penanganan bencana diperlukan kerjasama dari seluruh unsur.

"Memasuki musim penghujan, potensi terjadinya bencana alam (di Sukabumi) sangat besar, maka dari itu perlu adanya peran dan partisipan dari semua pihak untuk mengantisipasinya, penanggulangan bencana pun harus dilakukan dengan cara yang tepat sesuai dengan Undang-undang nomor 24 tahun 2007, agar tidak berdampak buruk bagi korban dan tim evakuasi" ungkap Wisnu Prabowo, Rabu (1/1).

BACA JUGA : 3 Wisatawan Asal Bogor Tenggelam di Palabuhanratu 1 Meninggal Dunia

Lebih jauh kepada awak media, Wisnu menyampaikan bahwa jajaran Polres Sukabumi Kota bekerjasama dengan instansi terkait telah menyiapkan puluhan personil yang selalu siaga selama 1x24 jam dilengkapi peralatan lengkap Search and Rescure (SAR).

"Gelar apel ini untuk mengecek kesiapsiagaan baik peralatan maupun personil. jadi kalau nanti ada bencana alam, baik itu banjir maupun tanah longsor kita siap langsung terjun," tegas Wisnu.

Peralatan dinas yang telah disiapkan guna antisipasi tanggap bencana diantaranya, Perahu Karet, Pelampung, Helm, Dayung, Gergaji Mesin, Tambang, Sekop, Senter, Sepatu boots hingga kendaraan khusus lainnya seperti Mobil Pemadam Kebakaran, Ambulans, Mobil BPBD dan Motor Trail.

"Kami siap siagakan personil 1x24 jam, baik itu dari Sabhara berikut dengan peralatannya, dari PMI juga, dari BPBD juga sama." tandasnya.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI