Kopi Asli Sukabumi Mulai Bersaing di Kota - Kota Besar

Senin, 25 Juni 2018 - 00:00 WIB

Kopi Asli Sukabumi Mulai Bersaing di Kota - Kota Besar
Kopi Asli Sukabumi Mulai Bersaing di Kota - Kota Besar


TatarSukabumi.ID -  Rube Kopi (Rumah Belajar Kopi) tempat menarik yang wajib dikunjungi terutama bagi para penggila kopi, terletak dipinggiran hutan koridor Taman Nasional Gunung Halimun - Salak, Kampung Cipanas, Kadusunan Cisarua, Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Tidak hanya tempat nongkrong untuk menikmati secangkir kopi, Rube Kopi menyajikan banyak hal menarik diantaranya proses pengolahan kopi lokal hingga menjadi kopi berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi.

BACA JUGA : Koridor Taman Nasional Gunung Halimun Salak Kabandungan Siap Berbenah Gali Potensi Wisata

Meski sederhana dan belum lama beroperasi, beberapa produk kopi unggulan telah dihasilkan bahkan sempat hadir dibeberapa Cafe Kota besar baik di Jawa Barat hingga luar Jawa, dengan Rube Kopi diharapkan petani kopi setempat bisa meningkatkan pendapatan dengan menguasai proses pengolahan kopi yang baik hingga memikat penikmat kopi.

Menurut Ifunk warga setempat pegiat Rube Kopi, menuturkan, "kopi yang diproduksi disini jenis Arabika dan Robusta, dengan varian proses diantaranya semi wash, honey, natural dan wine," tutur Ifunk.

BACA JUGA : Dua Curug Eksotis di Cihamerang, Miliki Potensi Wisata Alam 


Beberapa penikmat kopi yang terpikat citarasa Absolute Coffee, kepada TatarSukabumi.ID menuturkan, "Pada dasarnya tiap daerah memiliki cita rasa dan aroma yang berbeda, tapi berdasarkan pengalaman pribadi saya, Kopi Arabika Cipeuteuy ini sangat luar biasa, cita rasa dan aromanya sangat khas, perbaduan antara asam dan pahitnya sangat pas dan yang sangat luar biasa adalah after testnya," ujar Munif penikmat sekaligus penjual kopi Arabika.

Lebih lanjut Munif menuturkan, "Saya sudah mencoba beberapa cara penyeduhan kopi Arabika Cipeuteuy, semisal di tubruk, espresso, latte, ice coffee, capuchino, dan lainnya rasanya sangat luar biasa, hal ini di dasari atas pengalaman mencoba kopi arabika lainnya, ada beberapa kopi arabika yang rasanya kurang pas kalo buat tubruk, esspresso atau lainya," beber Munif.

BACA JUGA : Sensasi Suspension Bridge Jembatan Gantung Terpanjang Kebanggaan Sukabumi

Penikmat kopi lainya, Dinari pemilik kedai kopi di kawasan Bogor mengungkapkan, "Arabika dan Robusta Ciputeuy, di kedaiku banyak peminatnya loh mereka suka Arabika Cipeuteuy yang punya cita rasa asam yang lembut sebanding dengan rasa pahitnya, pokoknya beda sama kopi Arabika lainnya," aku Dinari.

Kehadiran Rube Kopi hanya menjadi salah satu bagian pengisi keterampilan petani kopi di Kecamatan Kabandungan khususnya dalam belajar pengolahan pasca panen untuk meningkatkan kualitas, sehingga dapat meningkatkan nilai jual yang berujung pada meningkatnya kesejahteraan petani kopi, dan Absolute Kopi dapat menjadi produk unggulan Kabandungan - Sukabumi.

Kontributor : Asep M-Rhe / Editor : Dian Syahputra Pasi

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI