Tumpukan Sampah di Pantai Palabuhanratu Begini Kata Marwan Hamami

Sabtu, 30 September 2023 - 19:25 WIB
Tumpukan Sampah di Pantai Palabuhanratu Begini Kata Marwan Hamami
Tumpukan Sampah di Pantai Palabuhanratu Begini Kata Marwan Hamami

TatarSukabumi.ID - Tumpukan sampah menggunung di kawasan Pantai Laut Selatan Sukabumi kekinian menuai sorotan.

Terkait tumpukan sampah di kawasan Pantai Cibutun Loji, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi ini, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, kepada awak media menjelaskan jika tumpukan sampah di muara laut Selatan tersebut merupakan sampah kiriman dari hulu Sungai.

"Tentunya kita berharap masyarakat baik di kota dan kabupaten Sukabumi tidak membuang sampah ke sungai, karena semua muaranya ke sana," ungkap Marwan Hamami kepada TatarSukabumi.ID di GOR Pemuda Cisaat, Sabtu (30/09/2023).

Bupati berharap masyarakat yang berada di bagian hulu untuk lebih meningkatkan kesadaran untuk tidak membuang sampah ke Sungai.

"Kita berharap mereka tidak membuang sampah ke sungai. Jadi (sampah) dapat dikolektifkan oleh desa atau pengurus lingkungan. Karena Palabuhanratu ini menjadi pembuangan sampah terakhir dari sungai ke laut," ungkap Marwan.

BACA JUGA : Komisi IV DPRD Dukung Pelaksanaan Porkab Sukabumi 2023 Anggaran 1,5 Miliar

Dengan luas wilayah 47 Kecamatan dan 381 Desa, Bupati berharap seluruh masyarakat turut berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan.

Lanjut Marwan, masyarakat diharapkan tidak hanya menyalahkan dinas terkait, namun bersinergi bersama pemerintah dalam menjaga alam.

"Jangan selalu disalahkan dinas, karena yang menjadi persoalan dasar adalah cara berpikir masyarakat. 80 persen penduduk Kabupaten Sukabumi beragama islam yang meyakini bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari iman, tapi realitanya kita tidak berbanding lurus dengan keyakinan tadi, maka kita berharap kepada ibu-ibu pengajian terutama agar tidak membuang sampah sembarangan," paparnya.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI