Kebakaran Lahan di Kawasan Geopark Ciletuh

Rabu, 27 September 2023 - 06:33 WIB
Kebakaran Lahan di Kawasan Geopark Ciletuh
Kebakaran Lahan di Kawasan Geopark Ciletuh

TatarSukabumi.ID - Kebakaran lahan di tepi jalan Loji - Palangpang, Geopark Ciletuh, sekitar pukul 16.00 WIB, Selasa (26/09/2023).

Titik kebakaran  lahan terjadi di kawasan Sunset Hill, Kampung Cibeas RT 01 /  RW 04, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Simpenan, Dandi Sulaeman kepada TatarSukabumi.ID mengatakan, luas lahan yang terbakar mencapai 1 hektare.

"Lahan yang ditumbuhi alang alang kering garapan warga, dari keterangan saksi, titik api terlihat pertama kali sekira pukul 16.10 WIB  dengan keadaan sudah berkobar di pinggir jalan dekat Sunset Hill," jelas Dandi, Selasa (26/09).

BACA JUGA : Kebakaran Lahan di Gunungguruh Sukabumi Api Nyaris Masuk Pemukiman

Dengan kondisi rumput kering yang mudah terbakar, Api dengan cepat membesar hingga menjalar nyaris ke pemukiman warga.

"Kebakaran menjalar mendekati  kampung Cisantri," ungkapnya.

Petugas Damkar Pos Palabuhanratu dibantu warga serta pemerintah setempat berhasil memadamkan api.

"Tidak ada korban jiwa dan kebakaran tidak merambat ke pemukiman warga. Untuk penyebab kebakaran belum diketahui," ujar Dandi.

BACA JUGA : Polisi Selesaikan Kasus Pelajar SMK Palak Pelajar SMP di Simpenan Sukabumi

Unsur yang terlibat dalam penangan kebakaran, Petugas Damkar Pos Palabuhanratu, P2BK Kecamatan Simpenan, Perangkat Desa, Kecamatan, Koramil, Polsek, Satpol PP dan masyarakat.

"Kami himbau warga untuk tetap waspada akan kondisi di musim kemarau, rentan bencana  kebakaran, agar tidak sembarangan membakar sampah atau lainnya yang mengakibatkan kebakaran." Pungkasnya.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI