Evakuasi Paus Terdampar di Pantai Citepus Palabuhanratu

Rabu, 09 Agustus 2023 - 23:03 WIB
Evakuasi Paus Terdampar di Pantai Citepus Palabuhanratu
Evakuasi Paus Terdampar di Pantai Citepus Palabuhanratu

TatarSukabumi.ID - Seekor ikan Paus berukuran cukup besar, terdampar di Pantai Citepus, Palabuhanratu, Sukabumi, Rabu (09/08/2023).

Binatang mamalia ini terdampar sekitar pukul 09.00 WIB pagi tadi, peristiwa ini sempat jadi bahan tontonan warga.

Ikan nahas ini sempat dievakuasi ke lautan, saat ditemukan Paus masih dalam kondisi hidup.

BACA JUGA : Polisi Ungkap Penyebab Pelajar SMK Tewas Bersimbah Darah

Fahmy Ramadhan, warga di sekitar lokasi ditemukannya Paus kepada TatarSukabumi.ID menyebut Ikan berukuran panjang kurang lebih dua meter memiliki bobot sekitar 100 kilogram.

"Ya betul tadi sekitar pukul 09.00 WIB, saya terima kabar ada Paus terdampar, lalu saya ke lokasi dan ikut bantu evakuasi ke tengah laut," tutur Fahmy, kepada TatarSukabumi.ID, Rabu (09/08).

Petugas, Relawan dan warga nelayan setempat bekerjasama melakukan evakuasi Paus kembali ke perairan.

"Evakuasi cukup alot, kita kesulitan menunggu perahu, jadi kalau gak diseret perahu gak bakal ikan ke tengah. Dengan perahu ditarik setelah lewati gelombang baru ikatan dari perahu dilepas," bebernya.

BACA JUGA : Polres Sukabumi Kota Bongkar Kasus Tipu Gelap 25 Unit Mobil

Lanjut Fahmi, dalam kurun beberapa waktu terakhir, setidaknya tiga ekor ikan Paus terdampar di pantai ini, dan satu ekor Paus mati.

"Sudah tiga kali di pantai Citepus ini ikan paus terdampar, dan ukurannya jauh lebih besar dari yang saat ini. Saat itu tidak ada perahu jadi sulit evakuasi karena kalau tidak dibantu  perahu, gak bakal bisa ke tengah laut lagi, sempat satu ekor mati karena banyak kendala saat dievakuasi." sambung Fahmi.

Menurut Fahmi, Paus yang terdampar hari ini tergolong kecil.

"Paus ini kecil sekitar dua meter, dengan berat mungkin 1 kuintal lebih, soalnya tadi dapat terangkat oleh empat orang, kalau yang dulu mah jauh lebih besar," terangnya.

BACA JUGA : Ekspose Raperda Pajak dan Retribusi Daerah Pansus III DPRD Kabupaten Sukabumi

Dihubungi terpisah, Ketua Forum Komunikasi SAR Daerah Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri membenarkan Paus terdampar di Pantai Citepus.

"Ya betul ada informasi masuk, tadi anggota kami turun ke lokasi, info terakhir ikan sudah ditarik ke tengah laut menggunakan perahu Congkreng nelayan," kata Okih.

Lanjut Okih, kondisi ikan saat dievakuasi sudah lemah, Dia berharap Paus nahas ini berhasil selamat.

"Untuk jenis ikan belum jelas, sedangkan kondisi sudah lemah." Pungkasnya.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI