Kopkar PT Muara Tunggal Bagi-bagi Uang 3,2 Miliar Jelang Idul Fitri

Kamis, 13 April 2023 - 20:06 WIB
Kopkar PT Muara Tunggal Bagi-bagi Uang 3,2 Miliar Jelang Idul Fitri
Kopkar PT Muara Tunggal Bagi-bagi Uang 3,2 Miliar Jelang Idul Fitri

TatarSukabumi.ID - Agenda rutin tahunan Koperasi Karyawan PT Muara Tunggal bagikan uang simpanan sukarela anggota Kopkar jelang perayaan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Pada periode 2022 - 2023 jumlah uang simpanan sukarela yang dibagikan kepada anggota koperasi yang sekaligus merupakan Karyawan PT Muara Tunggal ini mencapai Rp 3.206.000.000,-

Penyerahan simpanan sukarela ini secara simbolis diserahkan kepada anggota oleh Ketua Koperasi Karyawan PT Muara Tunggal, Mangater Pangaribuan, didampingi Ketua Badan Pengawas Kopkar PT Muara Tunggal, Sudarno Rais, di kawasan PT Muara Tunggal, Jalan Perintis Kemerdekaan, nomor 126 Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (13/04/2023).

Pada periode kali ini,  jumlah tabungan anggota koperasi terbesar mencapai 71 juta rupiah, disusul dengan raihan kedua sebesar 53 juta rupiah, dan ketiga berkisar diangka 41 juta rupiah.

"Antusias menabung anggota cukup besar. Data kita dari jumlah 2600 karyawan yang penabung itu mencapai 2200," ungkap Mangater Pangaribuan, Kamis (13/04).

BACA JUGA : Rakor Lintas Sektoral Persiapan Operasi Ketupat Lodaya 2023 Polres Sukabumi Kota

Terjadi penurunan jumlah uang simpanan sukarela Kopkar PT Muara Tunggal dari tahun sebelumnya, dari total 5,3 Miliar capaian di tahun 2022 saat ini turun di angka 3,2 Miliar.

"Disebabkan berbagai soal diantaranya kondisi pasca pandemi, adanya resesi, terjadinya penurunan karyawan yang keluar masuk sehingga terjadi penurunan," beber Pangaribuan.

Mangater berharap kesejahteraan seluruh anggota koperasi diharapkan dapat terus meningkat.

"Koperasi ini dari karyawan untuk karyawan oleh karyawan, karena intinya dari simpan pinjam, anggota menyimpan kita berikan pinjaman, jadi kami berharap kesejahteraan mereka meningkat, kebutuhan mereka terpenuhi, dan yang pasti kesejahteraan keluarga juga meningkat," pungkasnya.

BACA JUGA : Adu Banteng di Ruas Jalan Sukabumi Bogor Sopir Truk Terjepit

Ditempat yang sama Badan Pengawas Kopkar PT Muara Tunggal, Sudarno Rais, menyatakan pihaknya akan senantiasa mendorong kemajuan Kopkar PT Muara Tunggal.

Pria yang menjabat General Manager PT Muara Tunggal ini menyebut, pengelolaan keuangan didalam koperasi menjadi kunci utama keberhasilan Kopkar.

"Kami mendorong pengelolaan keuangan di koperasi karyawan dilaksanakan sebaik baiknya karena itu adalah amanah anggota, dan dikembangkan dengan baik sehingga keuntungannya atau SHU (sisa hasil usaha) bisa dirasakan bermanfaat bagi anggota," beber Sudarno.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kabupaten Sukabumi yang senantiasa mengkampanyekan Kopkar untuk didirikan di setiap perusahaan juga mengkampanyekan gerakan gemar menabung.

"Saya mendorong seluruh anggota koperasi untuk gemar menabung. Karena menabung itu satu-satunya solusi untuk mengatasi persoalan di masa-masa sulit. Dengan menabung manfaatnya uang bisa setiap saat ada, kedua ada nilai lebih bagi hasil (SHU), dan ketiga dengan tabungan bisa membantu anggota lain untuk dikembangkan keuangannya sehingga bermanfaat," beber Sudarno.

BACA JUGA : Habis Foya-foya Dengan Wanita Tengkulak Domba di Sukabumi Prank Polisi Korban Begal

Kepada TatarSukabumi.ID Sudarno membenarkan terjadi anjloknya simpanan Anggota Kopkar PT Muara Tinggal dibanding tahun sebelumnya hingga mencapai 40 persen.

Faktor penyebab utama anjloknya uang simpanan kata Sudarno Rais, satu diantaranya karena dampak ekonomi global hingga menyebabkan produksi perusahaan menurun, hal tersebutbberpengaruh secara signifikan terhadap jumlah simpanan anggota koperasi yang seluruhnya merupakan Karyawan PT Muara Tunggal.

Hal lain yang menjadi penyebab berkurangnya uang simpanan hingga mencapai 2 miliar lebih dibanding tahun sebelumnya sambung Sudarno, adalah terjadinya pengurangan karyawan PT Muara Tunggal sebagai dampak dari resesi ekonomi global.

"Sehingga otomatis terjadi pengurangan anggota Kopkar mencapai 1000 orang," kata Dia.

Sudarno berharap ekonomi global kembali bangkit karena meningkatnya uang simpanan anggota Kopkar secara otomatis berkaitan langsung dengan berkembangnya Perusahaan.

"Sehingga jika pabrik PT Muara Tunggal ordernya bagus otomatis rekrutmen karyawan bertambah lagi, otomatis anggota koperasi juga bertambah dan koperasi akan berkembang lebih baik," tukasnya.

"Dan kedua saya berharap pengurus atau pengelola koperasi untuk benar benar menjalankan amanah dalam mengembangkan Kopkar untuk kesejahteraan anggotanya," tandasnya.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI