Tidak Hanya Kades Membuat Laporan Penyelenggaran Pemerintah Desa Perbup Sukabumi Nomor 15 Atur BPD Susun Laporan Kinerja Tahunan

Senin, 03 Mei 2021 - 17:23 WIB
Tidak Hanya Kades Membuat Laporan Penyelenggaran Pemerintah Desa Perbup Sukabumi Nomor 15 Atur BPD Susun Laporan Kinerja Tahunan
Tidak Hanya Kades Membuat Laporan Penyelenggaran Pemerintah Desa Perbup Sukabumi Nomor 15 Atur BPD Susun Laporan Kinerja Tahunan

TatarSukabumi.ID - Mulai saat ini setiap tahunnya tidak hanya Kepala Desa (Kades) menyusun Laporan Penyelenggaran Pemerintah Desa (LPPDes) untuk disampaikan ke Bupati Sukabumi.

Dalam regulasi sebelumnya, Pemerintah Desa menyusun LPPDes selanjutnya di bahas bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan hasilnya dilaporkan kepada Kepala Daerah melalui Camat.

Namun saat ini, Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengeluarkan regulasi baru melalui Perbup (Peraturan Bupati) yang menyatakan BPD pun harus menyusun laporan kinerja setiap tahunnya.

BACA JUGA : Masyarakat Minta Perda Pengadaan Tempat Pemakaman Umum, Kristiawan : Faktanya di Sukabumi Banyak Sekali Daerah belum Miliki TPU

Hal ini diungkap Ketua Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDnas) Kabupaten Sukabumi, Sulaeman Darwani, disela pertemuan sekaligus penyerahan laporan kinerja BPD kepada Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri di Aula BKPSDM, Senin (3/5/2021).

Suleman menyatakan dengan diberlakukannya Perbub Sukabumi nomor 15 maka BPD wajib membuat laporan kinerja setiap tahun anggaran.

"Target kami di tahun 2021 ini, seluruh BPD sudah mampu membuat laporan tahunannya, selain itu kami senantiasa mendorong  sinergitas dengan pemerintahan desa untuk membangun desa bersama sama dan bekerjasama dengan DPMD untuk meningkatkan kapasitas BPD" ungkap Sulaeman, Senin (3/5).

BACA JUGA : Larangan Mudik Akses Masuk Sukabumi Diperketat, Ini Jadwal 3 Etape Penyekatan di Perbatasan Sukabumi

Menerima laporan kinerja dari BPD, Wakil Bupati Iyos Somantri menyambut baik regulasi yang mengatur tentang laporan kinerja dari masing masing BPD se- Kabupaten Sukabumi.

Menurut Iyos, selain untuk keperluan tertib administrasi, hal ini diharapkan mampu meningkatkan sinergitas antara BPD dan Pemerintahan Desa.

Wabup menekankan seluruh agenda yang melibatkan semua unsur Desa, harus berorientasi kepada visi misi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

"BPD sebagai mitra desa harus bisa memberikan masukan dalam setiap kebijakan pemerintahan desa untuk mewujudkan pembangunan di desa dan hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat," pesan Iyos kepada BPD yang tergabung dalam ABPEDnas Kabupaten Sukabumi.(*)

SUKABUMI TERKINI