Pengunggah Ujaran Kebencian Terhadap TNI di Facebook Minta Maaf di Mapolres Sukabumi Kota

Minggu, 02 Mei 2021 - 01:03 WIB
Pengunggah Ujaran Kebencian Terhadap TNI di Facebook Minta Maaf di Mapolres Sukabumi Kota
Pengunggah Ujaran Kebencian Terhadap TNI di Facebook Minta Maaf di Mapolres Sukabumi Kota

TatarSukabumi.ID - HH Pria yang diduga telah melakukan ujaran tidak pantas terhadap TNI di media sosial Facebook akhirnya meminta maaf.

Didampingi oleh Pihak Keluarga pengunggah konten, permohonan maaf ini disaksikan langsung oleh Polisi dan perwakilan personel TNI Puslatpur 6 Antralina di Mapolres Sukabumi Kota, Jum’at (30/04/2021) kemarin malam.

Video singkat yang diterima redaksi TatarSukabumi.ID pada Minggu (2/5/2021), Empi Hanapi selaku Kakak HH terduga pengunggah ujaran kebencian terhadap TNI menyampaikan permintaan maafnya.

Dalam video singkat ini, Empi didampingi HH dan ibu kandungnya, menyampaikan bahwa adik kandungnya tersebut memiliki keterbatasan mental sejak berusia 3 tahun.

BACA JUGA : Larangan Mudik Akses Masuk Sukabumi Diperketat, Ini Jadwal 3 Etape Penyekatan di Perbatasan Sukabumi

Berikut isi permohonan maaf yang diungkapkan Empi Hanapi melalui video singkat seperti dikutif TatarSukabumi.ID.

“Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu, perkenalkan saya Empi Hanapi selaku kakak kandung dari HH pemilik akun Facebook Kholip Ajaw dengan ini saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada pihak TNI dan jajarannya khususnya TNI Angkatan Laut atas komentar adik saya yang tidak sopan di Facebook pada hari Rabu (28/04/2021) yang sehingga membuat anggota TNI merasa sakit hati,"

"Oleh karena itu, saya atas nama Kakak kandung dari HH mohon maaf yang sebesar-besarnya atas komentar yang disampaikan HH tersebut dikarenakan adik saya sudah lama mengalami keterbatasan mental,"

"Untuk itu saya dan keluarga sekali lagi memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada TNI beserta Jajarannya atas perilaku adik saya tersebut. Sekian dan terimakasih, mohon maaf bila ada kata-kata yang salah, wassalamu’alaikum."

BACA JUGA : Tebing Ambruk Timpa Rumah Warga di Sukabumi 1 Korban Meninggal Dunia 2 Luka-luka

Tidak hanya video pernyataan dari sang Kakak, dengan terbata-bata HH pemilik akun Facebook Kholip Ajaw ini juga menyampaikan permintaan maaf melalui video singkatnya.

“Assalamu’alaikum Saya HH ingin meminta maaf kepada seluruh TNI dan jajarannya atas pencemaran nama baik sehingga para TNI sakit hati, sekian dari saya, Wassalamu’alaikum," ungkap HH seperti dikutip TatarSukabumi.ID.

Sebelumnya, pada Kamis (29/4) lalu, HH sempat diamankan Anggota Polsek Gunungguruh dan Koramil Cisaat ke Mapolres Sukabumi setelah unggahannya di Facebook.

BACA JUGA : Museum Hiu Purba Pertama di Indonesia Ada di Sukabumi Selanjutnya Museum Site Taman Megalodon Direncanakan

Setelah diamankan, dilakukan pemeriksaan terhadap HH maupun sejumlah saksi lain baik dari Pihak Keluarga maupun Ketua RT dan Ketua RW setempat.

Selanjutnya jajaran Sat Reskrim Polres Sukabumi Kota melakukan koordinasi dengan rumah sakit R. Syamsudin, SH (Bunut) Sukabumi untuk memeriksa kondisi kejiwaan HH.

Hingga diketahui HH mengalami gangguan keterbelakangan mental sesuai dengan Surat Keterangan Medis nomor 445/446.1/0631/IV/2021/RSSH, menyatakan bahwa Pasien mengalami keterbelakangan mental (retardasi mental sedang).(*)

SUKABUMI TERKINI