May Day 2021 Sukabumi Buruh Suarakan Aspirasi di Gedung Pendopo

Minggu, 02 Mei 2021 - 00:03 WIB
May Day 2021 Sukabumi Buruh Suarakan Aspirasi di Gedung Pendopo
May Day 2021 Sukabumi Buruh Suarakan Aspirasi di Gedung Pendopo

TatarSukabumi.ID - Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, terima sejumlah perwakilan Serikat Buruh tepat di Hari Buruh Nasional, Sabtu (1/5/2021).

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Gedung Pendopo ini, sejumlah aspirasi disuarakan Buruh kepada Bupati Sukabumi sambut May Day 2021.

Perwakilan Serikat Buruh meminta Pemkab Sukabumi, mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) ketenagakerjaan, penyediaan mobil ambulans di setiap perusahaan serta sosialisasi Undang -undang cipta kerja.

BACA JUGA :3 Dari 12 Desa Kecamatan Warungkiara Salurkan BLT Sosial Savety Net Dana Desa

Hal ini diungkap Ketua Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPTSK-SPSI) Kabupaten Sukabumi, Mochamad Popon.

Menurut Popon, SPSI meminta Pemda merumuskan Perda yang dapat memberikan perlindungan bagi pekerja dan pelaku usaha, yakni peraturan daerah yang bersifat partisipatif, aspiratif, transparan, dan akuntabel.

"Jadi keberadaan Perda yang kami inginkan, benar benar memberikan perlindungan bagi pekerja dan pelaku usaha," ungkap Popon, Sabtu (1/5).

BACA JUGA : Tebing Ambruk Timpa Rumah Warga di Sukabumi 1 Korban Meninggal Dunia 2 Luka-luka

Aspirasi lain yang disuarakan Popon, pemerintah daerah diharap dapat lebih mensosialisasikan Undang-undang cipta kerja secara utuh, tidak hanya menyampaikan hal-hal yang menguntungkan pengusaha saja.

"Jadi sosialisasikan informasi yang sebenarnya dan seutuhnya, jangan hanya menyampaikan dari sisi yang menguntungkan pengusaha saja," tukasnya.

Di hari Buruh 2021 ini, SPSI meminta pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi untuk mendorong perusahaan agar menyediakan mobil ambulans.

"Kami ingin setiap perusahaan ada ambulans untuk mempermudah akses ketika ada orang yang sakit," pintanya.

Menanggapi aspirasi Buruh, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyatakan akan menindaklanjuti masukan yang berdampak positif yang telah disuarakan di hari Buruh ini.

"Berbagai masukannya akan kita cermati. Nanti hasilnya bisa dieksekusi lewat kebijakan," tegas Marwan Hamami.(*)

SUKABUMI TERKINI