3 Dari 12 Desa Kecamatan Warungkiara Salurkan BLT Sosial Savety Net Dana Desa

Sabtu, 01 Mei 2021 - 23:36 WIB
3 Dari 12 Desa Kecamatan Warungkiara Salurkan BLT Sosial Savety Net Dana Desa
3 Dari 12 Desa Kecamatan Warungkiara Salurkan BLT Sosial Savety Net Dana Desa

TatarSukabumi.ID - Penyaluran BLT (bantuan langsung tunai) sebagai sosial savety net bagi warga terdampak Covid-19 bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021diberikan kepada 142 penerima manfaat warga Desa Warungkiara, Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi.

Kepala Desa Warungkiara, Panpan Apandi, kepada TatarSukabumi.ID disela penyaluran BLT menyebut masih banyak terdapat warga yang tidak tercover dari anggaran Desa-nya.

Panpan menyebut dari total 40 RT di Desa Warungkiara, jumlah usulan warga penerima BLT dari anggaran Dana Desa Warungkiara berjumlah 500 orang.

"Namun yang tercover hanya sejumlah itu saja, semoga sisa (warga) yang belum menerima (bantuan) pada tahun 2021 dapat dicover oleh bantuan Gubernur atau Kabupaten," ungkap Panpan, Sabtu (1/5/2021).

BACA JUGA : Tebing Ambruk Timpa Rumah Warga di Sukabumi 1 Korban Meninggal Dunia 2 Luka-luka

Untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan, jelang pelaksanaan penyaluran BLT-5, telah dilaksanakan rapat melibatkan seluruh RT, RW, Tokoh Masyarakat, dibantu Pendamping Desa, BPD, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, telah ditekankan agar tidak terjadinya pemotongan bantuan atau pungutan liar dengan dalih apapun.

"Jangan sampai ada pungli, apalagi mengatasnamakan Pemdes atau alasan bagi warga yang tidak kebagian.

"Namun apabila ada penerima yang dengan kesadaran mau memberi langsung kepada warga yang sangat membutuhkan dan tidak kebagian (terdata) maka dapat diberikan langsung saja secara pribadi jangan ada yang kolektif," tegas Panpan.

BACA JUGA : Museum Hiu Purba Pertama di Indonesia Ada di Sukabumi Selanjutnya Museum Site Taman Megalodon Direncanakan

Penyaluran BLT - DD juga dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Sukaharja, Kecamatan Cikembar, Asep Dedi, selaku Kades kepada TatarSukabumi.ID mengungkapkan data penerima bantuan jaring pengaman sosial di Desa-nya mencapai 110 penerima manfaat dari total 32 RT di Desa Sukaharja.

Lebih jauh kepada TatarSukabumi.ID Asep meminta warganya untuk menjalin komunikasi yang baik apabila terjadi permasalahan dalam bantuan ini.

"Jangan sampai ada kesimpang-siuran informasi tentang penyaluran bantuan ini maka bilamana ada warga tidak paham atau kurang jelas dapat berkomunikasi langsung dengan RT atau RW, sehingga menjadi  jelas. Tidak harus di-upload ke media sosial," tukasnya.

BACA JUGA : Sungai Cicatih Sukabumi Kembali Meluap Banjir Terjang Rumah Warga di 2 Desa Cicurug

Dikonfirmasi terkait penyaluran bantuan Covid-19 yang bersumber dari Dana Desa, Camat Warungkiara, Asep Suhenda kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan dari 12 Desa di Kecamatan Warungkiara, baru 3 Desa yang telah menyalurkan BLT - DD hingga April 2021.

"Kendati masih dalam situasi pandemi, kami melakukan pembinaan pada Pemdes di Bulan Ramadhan dapat melakukan penyaluran BLT-DD tahap I (tahun 2021) dan telah dilaksanakan di 3 Desa, yakni Warungkiara, Sukaharja dan
Bantarkalong," ungkap Asep Suhenda.

Lebih jauh Asep Suhenda menegaskan, dalam proses penyaluran Pemdes diharapkan melaksanakan seluruh aturan.

"Sebelum proses penyaluran kami selalu sampaikan bahwa pelaksanaannya harus sesuai peraturan yang berlaku dan sesuai hasil Musdus Desa.

"Bagi Sesa yang belum menyalurkan, diharapkan segera menyelesaikan administrasi untuk permohonan melaksanakan penyaluran BLT-DD." tandasnya.(*)

SUKABUMI TERKINI