Langkah Koprehensif Pencegahan Pemberantasan dan Rehabilitasi Narkoba di Lingkungan Pendidikan

Kamis, 29 April 2021 - 22:43 WIB
Langkah Koprehensif Pencegahan Pemberantasan dan Rehabilitasi Narkoba di Lingkungan Pendidikan
Langkah Koprehensif Pencegahan Pemberantasan dan Rehabilitasi Narkoba di Lingkungan Pendidikan

TatarSukabumi.ID - Dalam rangka mewujudkan Sukabumi bersih narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sukabumi mengelar rapat kerja pembahasan program pemberdayaan masyarakat anti narkoba di Lingkungan Pemerintah Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, yang dilaksanakan di Hotel Pangrango Sukabumi, Kamis (29/4/2021).

Kepala BNNK Sukabumi, M Retno Daru Dewi menyatakan, permasalahan narkotika menjadi tanggungjawab bersama seluruh elemen masyarakat sesuai amanat Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan Inpres nomor 2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

BACA JUGA : Partai Gerindra dan Pira Kota Sukabumi Santuni Ratusan Yatim Piatu dan Penghafal Alquran

Lebih jauh Retno Dari menegaskan Indonesia saat ini tengah menghadapi situasi darurat narkoba.

"Dengan keadaan tersebut tidak ada jaminan bahwa satu lingkungan akan bebas narkoba," kata Retno.

"Tanpa diketahui Narkoba dapat masuk ke semua lingkungan, baik pemerintah, aparat, swasta, termasuk lingkungan masyarakat," sambung Dia.

"Maka untuk penanggulangan masalah narkoba diperlukan langkah nyata serta upaya yang terpadu dan komprehensif meliputi pencegahan untuk menumbuhkan daya tangkal, pemberantasan untuk memutus mata rantai peredaran gelap narkoba dan rehabilitasi untuk mengobati mereka yang sudah terpapar menyalahgunakan narkoba," beber Retno Daru, Kamis (29/4).

BACA JUGA : Pasar Murah Rakyat di Kecamatan Kebonpedes Harga Dibawah Pasaran Ada 250 Paket Sayuran Gratis Setiap Hari

Langkah nyata secara komprehensif mulai dari pencegahan, pemberantasan, hingga rehabilitas, sambung Kepala BNNK Sukabumi, harus dilaksanakan secara serius.

Retno Dari menyatakan, Dinas Pendidikan merupakan salah satu garda terdepan dalam membentengi generasi muda bangsa untuk tidak masuk kedalam lingkaran Narkoba.

"Pemberdayaan masyarakat anti narkoba di lingkungan pendidikan harus tercipta, diharapkan keseriusan seluruh unsur mulai dari Dewan Pendidikan, Dinas Pendidikan, Sekolah hingga Komite wajib  berperan aktif mengambil inisiatif serta mengembangkan langkah edukatif, konsultatif dan kooperatif untuk membentengi para pelajar dari bahaya pengaruh pengedar dan pengguna Narkoba." Tegasnya.(*)

SUKABUMI TERKINI