Sungai Cicatih Sukabumi Kembali Meluap Banjir Terjang Rumah Warga di 2 Desa Cicurug

Rabu, 28 April 2021 - 21:31 WIB
Sungai Cicatih Sukabumi Kembali Meluap Banjir Terjang Rumah Warga di 2 Desa Cicurug
Sungai Cicatih Sukabumi Kembali Meluap Banjir Terjang Rumah Warga di 2 Desa Cicurug

TatarSukabumi.ID - Hujan dengan intensitas tinggi kembali mengguyur wilayah Sukabumi dan sekitarnya.

Seperti kemarin, hari ini menjelang waktu berbuka puasa, sekitar pukul 17.30 WIB Sungai Cicatih kembali meluap, Rabu (28/4/2021).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi melaporkan, luapan Sungai Cicatih mengakibatkan banjir ke pemukiman warga di sejumlah wilayah bantaran Sungai.

"Banjir akibat luapan air Sungai Cicatih hingga Pukul 17.30 WIB sore tadi, ketinggian air mencapai 60 hingga 80 centimeter," ungkap Daeng Sutisna, Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Rabu (28/4).

BACA JUGA : Alat Berat Stum Tergelincir Saat Diturunkan Dari Truk Pengangkut di Sukabumi Operator Meninggal Dunia

Laporan sementara yang diterima TatarSukabumi.ID dari Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi luapan Sungai Citatih mengakibatkan banjir di wilayah Kampung Lio RT 02/ RW 05, dan Kampung Nyangkowek RT 02/ RW 06, Desa Mekarsari Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Luapan Sungai Cicatih juga mengakibatkan banjir di Kampung Sindangpalai dan Kampung Baru, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug.

BPBD Kabupaten Sukabumi melalui P2BK Cicurug telah melakukan assesment dilokasi bencana.

BACA JUGA : Jembatan Cicewol Amblas Mobil Dilarang Melintas Akses Cidahu - Cicurug Terganggu

Hasil dari laporan Anggota P2BK Cicurug, sambung Daeng, data sementara yang telah masuk ke BPBD Kabupaten Sukabumi, 9 bangunan rumah di Desa Mekarsari Cicurug tergenang air luapan Sungai Cicatih meliputi 6 rumah di Kampung Lio dan 3 rumah di Kampung Nyangkowek terendam.

Sementara itu, data korban banjir di wilayah Desa Pasawahan saat ini masih sedang di inventarisir Petugas BPBD.

"Data masih kami himpun, dari laporan sementara 30 Keluarga terdampak," ungkap Daeng.

Menjelang malam luapan air Sungai Cicatih mulai surut, dan sejumlah warga di bantaran Sungai mengungsi dirumah saudara dan tetangga terdekat.

Menurut Daeng, tidak ada korban jiwa atas bencana ini, untuk kerugian materil masih dalam inventarisir petugas BPBD di lokasi bencana.

"BPBD menghimbau warga sekitar bantaran Sungai Cicatih untuk selalu waspada, dikhawatirkan terjadi hujan susulan dan luapan air Sungai," ungkap Daeng.(*)

SUKABUMI TERKINI