Marwan Hamami Ajukan 36 Rencana Pembanguan Sukabumi ke Ridwan Kamil

Senin, 12 April 2021 - 22:48 WIB
Marwan Hamami Ajukan 36 Rencana Pembanguan Sukabumi ke Ridwan Kamil
Marwan Hamami Ajukan 36 Rencana Pembanguan Sukabumi ke Ridwan Kamil

TatarSukabumi.ID - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Barat tahun 2022 digelar di Bandung.

Bupati Sukabumi dan Jajarannya ikuti kegiatan secara virtual dari Gedung Pendopo Sukabumi, Senin (12/4/2021).

Menanggapi Musrembang RKPD Jabar, kepada awak media Bupati Sukabumi menyatakan, banyak usulan yang dilayangkan Pemerintah Kabupaten Sukabumi khususnya di bidang pembangunan infrastruktur.

"Usulan yang sudah dimasukan sekitar 36. Paling banyak infrastruktur, mulai dari pembangunan jalan, irigasi, perkantoran, dan taman. Bahkan Jalur Sutra (Sukabumi Utara) kita usulkan juga mudah -mudahan masuk," ungkap Marwan Hamami, Senin (12/4).

BACA JUGA : Polres Sukabumi Kota Gelar Operasi Keselamatan Lodaya 2021 Selama 14 Hari

Selain penguatan infrastruktur,  penguatan sumber daya manusia (SDM), sektor pariwisata, dan sektor pertanian juga menjadi prioritas pembangunan di Sukabumi tahun anggaran 2022 mendatang.

"Sektor pariwisata dan pertanian juga merupakan sektor prioritas Kabupaten Sukabumi. Bahkan Geopark Ciletuh Palabuhanratu jadi perhatian dalam Musrenbang tadi," terang Marwan.

Dari Bandung, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta semua pihak untuk lebih optimis menyambut 2022 meski hingga saat ini situasi pandemi masih belum dapat diprediksi.

Lebih jauh Ridwan Kamil meminta seluruh elemen turut serta berjuang ditengah kondisi pandemi.

"Maka dari itu, semua pihak harus berkolaborasi. Mulai dari akademisi, pengusaha, komunitas, pemerintahan, dan media," pintanya.

BACA JUGA : Aksi Unjuk Rasa Sehari Jelang Puasa Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Sukabumi, Ini 3 Tuntutannya

Beberapa lain yang menjadi catatan dalam Musrembang RKPD 2022 adalah menciptakan arah baru ekonomi Jawa Barat dengan meningkatkan investasi.

Selanjutnya adalah terciptanya swasembada di Jawa Barat dan pergeseran ekonomi hijau (pertanian/lingkungan).

"Makanya lahir petani milenial. Termasuk mengajak semua pihak mulai menggunakan kendaraan listrik,"  ujar RK.

Sektor kesehatan pun dinilai penting dan harus ditingkatkan, guna peningkatan layanan kesehatan, RK telah menugaskan Jasa Sarana selaku salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) provinsi Jabar untuk membangun rumah sakit dan Puskesmas.

"Kita masih butuh ribuan Puskesmas untuk melayani masyarakat di Jabar," tukasnya.

Sektor lainnya adalah Pariwisata, RK meminta  pemerintah daerah untuk bisa lebih memfokuskan sektor pariwisata lokal melalui pemberdayaan potensi yang ada.(*)

SUKABUMI TERKINI