5 Desa Bersinar di Kecamatan Kebonpedes  Deklarasikan Perang Terhadap Narkoba

Senin, 12 April 2021 - 22:06 WIB
5 Desa Bersinar di Kecamatan Kebonpedes  Deklarasikan Perang Terhadap Narkoba
5 Desa Bersinar di Kecamatan Kebonpedes  Deklarasikan Perang Terhadap Narkoba

TatarSukabumi.ID - 5 Pemerintahan Desa di wilayah Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, deklarasikan diri sebagai Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar).

Setelah 5 Desa deklarasikan perang terhadap peredaran narkoba, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sukabumi menyatakan Kebonpedes sebagai wilayah Kecamatan Bersinar, Senin (12/4/2021).

Dr. (Cand) Marghareta Retno Daru Dewi Kepala BNNK Sukabumi yang belum lama menjabat menggantikan AKBP Fahmi Cipta Dewantara menyatakan apresiasi terhadap seluruh Unsur Pemerintahan Desa/ Kecamatan Kebonpedes.

"Desa Bersinar merupakan salah satu upaya dalam pencegahan sekaligus penanganan penyalahgunaan narkoba yang dikelola secara mandiri oleh pemerintah desa bersama unsur lembaga masyarakat," ungkap Marghareta, Senin (12/4).

BACA JUGA : Aksi Unjuk Rasa Sehari Jelang Puasa Serikat Pekerja Nasional Kabupaten Sukabumi, Ini 3 Tuntutannya

Lebih jauh Marghareta menyatakan, BNNK Sukabumi menyatakan sikap perang terhadap narkoba yang merupakan bentuk implementasi dari Instruksi Presiden nomor 2 Tahun 2020 tentang RAN (rencana aksi nasional) dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

"Tadi saya ingatkan kepada sesama unsur pemerintah desa dan kecamatan untuk secara pasif meningkatkan peran serta pendampingan kepada masyarakat dalam penyelenggaraan fasilitas desa bersih narkoba yang di kelola secara partisipatif, terpadu dan berkelanjutan  berbasis pendayagunaan sumber daya desa," pungkasnya.

Deklarasi pembentukan Desa Bersinar sekaligus pengukuhan Satgas Anti Narkoba yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Kebonpedes dengan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

BACA JUGA : Ratusan Knalpot Bising Dimusnahkan Polres Sukabumi Kota

Camat Kebonpedes, Ali Iskandar disela kegiatan kepada awak media mengatakan, sebanyak 112 dari 5 Desa menyatakan sikap dalam menciptakan Kebonpedes Bersinar.

"Terdapat tiga faktor kinerja untuk mensukseskan program ini,
pertama adalah norma ketentuan, kesepakatan, dan komitmen yang dibangun antara warga masyarakat dan pemerintah desa sehingga melahirkan peraturan desa tentang P4GN," ungkap Ali Iskandar.

Peran penting lainnya, sambung Ali, adalah kerjasama dari Tim Satuan Tugas yang telah dikukuhkan hari ini.

"Guna suksesnya Kebonpedes Bersinar, tidak hanya peran Satgas Narkoba dalam mensosialisasikan, kampanye, deteksi dini, membuat menyebarkan spanduk informasi tentang bahaya narkoba hingga melaporkan bila didapati penyalahgunaan narkoba. Terpenting seluruh elemen masyarakat turut serta dalam menyatakan perang terhadap Narkoba." tandasnya.(*)

SUKABUMI TERKINI