Taman Gunung Wayang Sukabumi Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi

Minggu, 11 April 2021 - 07:18 WIB
Taman Gunung Wayang Sukabumi Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi
Taman Gunung Wayang Sukabumi Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi

TatarSukabumi.ID - Pemerintah Desa Gunungendut bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Warga Sejahtera kembangkan sektor pariwisata.

Memiliki keindahan alam nan asri, Gunung Wayang saat ini terus dibenahi untuk menambah daya tarik bagi pengunjung.

Kawasan ini dinamai Agro Wisata Gunung Wayang yang berada di Kampung Sinagar, Desa Gunungendut, Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

BACA JUGA : Pantai Taman Pandan Sukabumi Sensasi yang Jarang Ditemukan di Pantai Manapun

Kepala Desa Gunungendut, Dede Mistar mengaku sudah sejak lama terbersit rencana pembangunan agro wisata di bawah kaki Gunung Wayang.

Dengan perjalanan cukup panjang, ide Agro Wisata Taman Gunung Wayabg akhirnya mulai direalisasikan sejak tahun 2017 lalu.

"Saat ini masih dalam proses pembangunan. Perjuangan ini (pembuatan agro wisata) dirintis sejak 2017 dari mulai pengajuan lahan, perencanaan teknis termasuk anggaran yang bersumber bantuan provinsi, desa maupun swadaya," ungkap Dede, Minggu (10/4/2021).

Meski belum rampung seratus persen, saat ini kawasan objek wisata sudah mulai dikunjungi wisatawan lokal.

"Kami optimis berhasil, meski pembangunan belum seluruhnya selesai, namun antusias pengunjung sudah banyak datang," tukasnya.

BACA JUGA : Laporan Terkini Gempa Selatan Malang dari BMKG

Untuk diketahui Agro Wisata Gunung Wayang ini berdirinya di lahan konservasi milik PTPN VIII seluas 8 hektare yang selanjutnya di kerjasamakan dengan Pemerintah Desa Gunungendut.

"Namun yang saat ini kami prioritaskan adalah 2 hektare," ungkap Dede.

Lebih jauh, Kades mengaku menemui sejumlah hambatan dalam proyek pembangunan Agro Wisata ini, mulai dari refocusing anggaran pembanguan akibat pandemi.

"Harapan Kami objek wisata ini dapat segera selesai, mengingat potensi kawasan ini cukup menjanjikan sebagai tujuan wisata lokal maupun pengunjung luar," tandasnya.

BACA JUGA : Kemenag Keluarkan ketentuan Sedikit Berbeda dari Ramadhan Biasanya, MUI Kabupaten Sukabumi Sepakat

Ditambahkan Bayu, Ketua BUMDes setempat, menurutnya konsep agro tidak hanya menjual keindahan alam, namun juga dipadukan dengan konsep muatan lokal masyarakat setempat dan pertanian.

"Mendukung ide kepala desa untuk menyulap lahan tersebut menjadi agro wisata Taman Gunung Wayang  dipadukan pengembangan pertanian diantaranya penanaman bibit pohon hias dan buah buahan," jelas Bayu.

Masih kata Bayu, dibutuhkan anggaran tambahan yang cukup besar untuk pembangunan sarana dan wahana Taman.

Konsepnya, sambung Dia, Taman Gunung Wayang nantinya akan dilengkapi dengan panggung seni, area wirausaha, camping ground, saung, flying fox dan kolam renang.

"Taman Gunung Wayang menyuguhkan nuansa keindahan alam pegunungan dengan tetap menjaga keaslian kultur sosial dan nilai budaya. Kami berharap dukungan serius dari pemerintah daerah atau provinsi agar agro wisata ini cepat selesai." ungkap Bayu.(*)

SUKABUMI TERKINI