Pantai Taman Pandan Sukabumi Sensasi yang Jarang Ditemukan di Pantai Manapun

Sabtu, 10 April 2021 - 23:47 WIB
Pantai Taman Pandan Sukabumi Sensasi yang Jarang Ditemukan di Pantai Manapun
Pantai Taman Pandan Sukabumi Sensasi yang Jarang Ditemukan di Pantai Manapun

TatarSukabumi.ID - Libur panjang jelang Ramadhan sejumlah objek wisata di Sukabumi dipadati pengunjung.

Hingga saat ini, destinasi wisata alam masih menjadi salah satu tujuan favorit bagi pelancong lokal maupun wisatawan luar kota.

Hal ini disebabkan Sukabumi memiliki potensi Pariwisata alam yang cukup besar, dan wisata pantai masih menjadi unggulan teratas di Kabupaten kedua terbesar se Pulau Jawa Bali ini.

Di wilayah Sukabumi, hamparan pantai Laut Selatan memiliki berbagai karakteristik dan keistimewaan yang berbeda dari setiap spot destinasi wisata Pantai.

BACA JUGA : Mega Proyek Kawasan Wisata dan Jalan 28 Kilometer di Sukabumi Juni Ini Mulai Digarap

Satu diantaranya adalah Pantai Taman Pandan yang berada di wilayah Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Sesuai dengan nama yang disematkan, di kawasan Pantai berpasir putih ini tumbuhan pohon Pandan (Pandanus Amaryllifolius) tumbuh subur nyaris di sekeliling pesisir pantai.

Aroma khas daun Pandan yang tertiup angin laut, paduan pasir dan hamparan rumput menghijau, serta batuan karang unik menjadi beberapa alasan yang mampu memikat kunjungan wisatawan ke kawasan ini.

BACA JUGA : 6 Fakta Fosil Megalodon Hiu Purba yang Ditemukan di Sukabumi Jawa Barat

Pantai ini menawarkan pemandangan indah nan asri, suara ombak yang menghantam batu karang, pengunjung bisa menikmati hamparan rumput hijau satu sensasi yang jarang ditemukan di kawasan pantai manapun.

"Lokasi wisata ini masih dalam proses penataan, untuk warga sekitar memang kawasan ini sudah biasa menjadi tujuan menghilangkan penat, ada juga hanya sekedar mancing atau berburu rumput laut," Kata Malik (22) salah seorang Pengelola Pantai Taman Pandan.

Setelah dilakukan penataan oleh Karang Taruna setempat untuk lebih memberi daya tarik lebih, sejak dua bulan terakhir terjadi peningkatan kunjungan ke Pantai Taman Pandan.

Mulai Jumat hingga Minggu, spot ini semakin laris dikunjungi, sejumlah wisatawan sengaja menginap pasang tenda.

"Yang datang kesini tidak hanya dari Sukabumi, banyak pengunjung dari luar kota seperti Bogor, Bekasi, Tanggerang, Jakarta, Cianjur dan Banten," ungkap Malik.

BACA JUGA : Panorama Pantai Cibuaya Ujunggenteng Memikat Wisatawan

Serli Savira (18) salah seorang pengunjung lokal asal Surade kepada TatarSukabumi.ID mengaku puas dengan keindahan Pantai Taman Pandan.

"Saya baru pertama kali kesini, tempatnya nyaman, pemandangan indah, gak nyesel," kata Serli.

Pengunjung lain asal Bekasi, Lela (23) mengaku tidak sengaja niat kunjungi Pantai Taman Pandan, Dia bersama rombongan rencana liburan ke Pantai Ujunggenteng.

"Saya sempat lihat upload keindahan Pantai ini dari teman di medsos, jadi  mampir kesini. Jadi penasaran, ternyata tempatnya bagus banyak spot yang Instagramable," ungkap Lela.

BACA JUGA : DPRD Kabupaten Sukabumi Soroti Pengelolaan Objek Wisata oleh Dinas Pariwisata Belum Optimal

Akses menuju Pantai, wisatawan bisa mengambil rute Jampang Surade dari arah Palabuhanratu, searah jalan menuju objek wisata Ujung Genteng.

Tidak sulit untuk menemukan Pantai Taman Pandan, dari jalan raya masuk ke kawasan Pantai sekitar 500 meter.

Aroma gula merah tercium saat mulai memasuki kawasan Pantai, sepanjang perjalanan dipayungi pohon kelapa.dan terlihat beberapa saung tempat pembuatan gula merah tradisional warga setempat.(*)

SUKABUMI TERKINI