Sorotan Kabiro Kesra Jabar Barnas Adjidin Jelang Mutasi Calon Pejabat Penting Pemkab Sukabumi

Rabu, 07 April 2021 - 21:47 WIB
Sorotan Kabiro Kesra Jabar Barnas Adjidin Jelang Mutasi Calon Pejabat Penting Pemkab Sukabumi
Sorotan Kabiro Kesra Jabar Barnas Adjidin Jelang Mutasi Calon Pejabat Penting Pemkab Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Barnas Adjidin, Kabiro Kesra Provinsi Jawa Barat yang saat ini menjabat Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, hadiri Uji Kompetensi (Ujikom) 25 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama setingkat Eselon II B di lingkungan pemerintah Kabupaten Sukabumi, Rabu (7/4/2021).

Kepada TatarSukabumi.ID Barnas menyampaikan, dalam rangka mewujudkan SDM (sumber daya manusia) profesional diperlukan langkah-langkah yang harus diambil, salah satunya dengan melakukan uji kompetensi kepada pejabat yang nantinya akan menduduki jabatan strategis di Pemerintahan Kabupaten Sukabumi.

"Giat ini untuk melihat sejauh mana kemampuan pada diri pejabat, mungkin dengan kegiatan ini akan terlihat potensi sosok yang akan menjabat yang pas (tepat) itu yang mana," ungkap Barnas, Rabu (7/4).

BACA JUGA : Jelang Reposisi Pejabat Pemkab Sukabumi, Marwan : Pejabat Tidak Mau Berubah Pindahkan

Menurut Barnas, Pejabat yang nantinya mengisi jabatan penting di pemerintahan dapat mengimplementasikan landasan dasar mewujudkan visi misi kabupaten Sukabumi.

"Lalu kedua kita juga ingin bahwa
Pemerintah hadir ditengah masyarakat tentunya harus memiliki integritas orang-orang yang mampu menjawab tantangan tersebut," tukasnya.

Dalam Ujikom ini, Barnas memastikan profesionalisme akan diutamakan sehingga mampu melahirkan sosok pimpinan berintegritas dan berkualitas.

"Pemerintah bertekad untuk melakukan kegiatan ini secara benar yang profesional. Artinya mulai dari jenjang pendidikan harus sesuai kemudian dia juga punya kemampuan agar nanti bisa menjawab berbagai tantangan dimasyarakat.

"Oleh karena itu kegiatan ini sangat penting sebagai landasan kebijakan
untuk penetapan pejabat yang pas dengan kemampuan juga kompetensinya," tegas Barnas.

BACA JUGA : BLK Kabupaten Sukabumi Buka Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi Gratis Tahun 2021

Disinggung kriteria Pejabat Eselon II yang diharapkan Pemprov Jabar khususnya Ridwan Kamil agar dapat mendorong kemajuan Kabupaten Sukabumi, Kabiro Kesra Provinsi Jawa Barat, angkat suara.

"Pejabat yang menduduki jabatan itu harus memiliki kemampuan teknis dan profesional yaitu secara teknis dia mampu melaksanakan hal yang memang menjadi tugas pokok fungsi, hal tersebut harus dibekali ilmu dan melek IT.

"Karena dari setiap kejadian atau masalah, dapat terlihat dari berita yang selalu muncul," sambung Dia.

"Nah tentunya dengan masalah yang ada di masyarakat, pemerintah kabupaten Sukabumi harus cepat menjawab segala tantangan agar segera tertangani," jelasnya.

BACA JUGA : Dengan Perda Kepemudaan Iyos Somantri Dorong Pemuda Untuk Lebih Berkiprah Dalam Pembangunan

Kabiro Kesra Provinsi Jawa Barat menyatakan apresiasi kepada Pemkab Sukabumi yang telah menghadirkan tim independen dalam uji kompetensi ini, sehingga pejabat yang terjaring nantinya akan benar benar profesional berkualitas.

"Hasilnya nanti akan dapat menunjukkan siapa saja yang pas menjabat di Bapeda, Pertanian, Kesehatan dan lain sebagainya.

"Kita lihat saja yang jelas bahwa hasil ini adalah salah satu poin untuk menetapkan jabatan yang pas terhadap mutasi yang akan kita lakukan." tandasnya.(*)

SUKABUMI TERKINI