Jelang Reposisi Pejabat Pemkab Sukabumi, Marwan : Pejabat Tidak Mau Berubah Pindahkan

Rabu, 07 April 2021 - 11:51 WIB
Jelang Reposisi Pejabat Pemkab Sukabumi, Marwan : Pejabat Tidak Mau Berubah Pindahkan
Jelang Reposisi Pejabat Pemkab Sukabumi, Marwan : Pejabat Tidak Mau Berubah Pindahkan

TatarSukabumi.ID - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kabupaten Sukabumi menggelar uji kompetensi jabatan pimpinan tinggi pratama setingkat eselon II B yang diikuti setidaknya 25 orang pejabat teras di lingkup pemerintah Kabupaten Sukabumi, Rabu (7/4/2021).

Uji kompetensi (Ujikom) ini dibuka oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami didampingi Penjabat Sekda.

Bupati Sukabumi kepada TatarSukabumi.ID menyatakan, Ujikom ini dilakukan dalam rangka menyongsong rotasi mutasi pejabat dan pengisian kekosongan jabatan di Pemkab Sukabumi tahun 2021 ini.

"Kita mau mereposisi, maka mencari yang terbaik, orang dalam penempatannya," ungkap Bupati Sukabumi.

"Semuanya (pejabat) hadir, walaupun ada yang datang telat dan itu menjadi catatan," sambung Marwan.

"Dan yang menjadi catatan kan proses, banyak terdapat tahapan yang di cermati bersamaan tolak ukurnya banyak," ungkap Marwan Hamami, Rabu (7/4/2021).

BACA JUGA : Kapolri Minta Maaf dan Cabut Telegram Larangan Media Tayangkan Kekerasan Polisi

Uji kompetensi ini melibatkan tim penilai dari BPSDM Provinsi Jawa ll#l Barat dan tim akademisi Universitas Padjajaran

Disinggung soal langkah dan kebijakan yang akan diambil bila hasil Ujikom dinyatakan dibawah indikator oleh tim Penilai, kepada TatarSukabumi.ID Marwan mengaku akan sepenuhnya menyerahkan hasil Ujikom ini kepada tim yang berwenang dalam penilai.

"Sesuai aturan saja nanti kita lihat hasilnya, dimana tadi sudah disampaikan secara sumber daya manusia pasti bagus karena sudah eselon II.

"Kalau orangnya memang tidak memungkinkan, akan susah dipaksakan menempati jabatan tersebut,
akan sayang," tegas Marwan.

BACA JUGA : Sejarah Besar Pengadilan Negeri Cibadak Sukabumi Berani Putuskan Hukuman Mati 13 Terdakwa Sabu

Lebih jauh Bupati yang belum lama ini kembali terpilih untuk memimpin Kabupaten Sukabumi menyatakan, pejabat yang nantinya terpilih harus selaras dengan visi misi yang diusungnya dalam Pilkada lalu sebagai pemenuhan janji politiknya kepada masyarakat.

"Harus dicermati juga beberapa faktor ketika kemarin mereka berbicara tentang perbedaan berpikir dalam usungan. berarti akan sulit orang ini dipaksakan, terkecuali dia mau merubah secara utuh," ungkap Marwan.

"Ya kalau tidak mau merubah tinggal najong mereunan (pindahkan) karena kan visi misi pemerintah harus diselesaikan bilamana tidak nyambung kan susah. Akan berdampak pada tujuan visi misi bahwa masyarakat harus dapat merasakan hasil manfaat arah kebijakan program pemerintah," pungkas Marwan Hamami.

BACA JUGA : Tika Rustika Somantri Sambangi Pusat Rehabilitas Korban Napza di Warungkiara Sukabumi

Ditemui ditempat yang sama, Kepala Dinas ESDM Kabupaten Sukabumi, Aam Amar Halim kepada TatarSukabumi.ID menyatakan, Bupati ingin mendapat sosok pejabat yang profesional untuk kemajuan Sukabumi.

"Intinya Pak Bupati ingin menempatkan the right man on the right place atau the right man on the right job , jadi penempatan orang (pejabat) itu sesuai dengan kapabilitasnya.

"Tadi ada pertimbangan, kadang orang nya siap tapi kompetensinya tidak memenuhi syarat, sebaliknya ada kompetensi penuhi syarat namun orangnya tidak siap. Jadi pak bupati bagus sih ingin menempatkan orang sesuai kompetensinya," jelas Aam.(*)

SUKABUMI TERKINI