Sidang Isbat 77 Pasutri di Nagrak Sukabumi

Senin, 05 April 2021 - 18:27 WIB
Sidang Isbat 77 Pasutri di Nagrak Sukabumi
Sidang Isbat 77 Pasutri di Nagrak Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Bupati Sukabumi, Marwan Hamami hadiri Sidang Isbat Nikah terpadu di Desa Girijaya, Kecamatan Nagrak, Senin (5/4/2021).

Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Pengadilan Agama Cibadak inisiasi program yang diikuti oleh setidaknya 77 pasangan suami istri asal Desa Girijaya.

Sidang Isbat Nikah merupakan pengesahan sebuah perkawinan oleh pengadilan agar memiliki kekuatan hukum, kepada masyarakat yang belum tercatat secara resmi menikah oleh negara.

Marwan menegaskan, sidang isbat sangat penting bagi pencatatan administrasi negara agar pernikahan pasangan yang sebelumnya tidak tercatat di Kantor Urusan Agama.

"Para pasangan yang mengikuti sidang isbat ini akan mendapatkan akta nikah, Tercatatnya mereka secara negara akan memudahkan proses administrasi kependudukan. Termasuk bagi anak anaknya" ungkap Marwan Hamami, Senin (5/4).

BACA JUGA : SAR Temukan Jenazah Korban Tenggelam Asal Warudoyong Sukabumi di Leuwi Kenit

Lebih lanjut Bupati menyatakan, kelengkapan data bagi pemerintah kelengkapan sangat diperlukan untuk penelusuran administrasi kependudukan, Marwan memastikan program ini dibiayai oleh negara.

"Pengurusan administrasi kependudukan itu gratis. Masyarakat tidak dibebankan biaya apapun," tegas Marwan.

Tidak hanya memberikan buku nikah, akta nikah dalam isbat nikah, dalam acara tersebut Marwan Hamami menyerahkan 140.000 dokumen administrasi kependudukan Kartu Identitas Anak ( KIA) usia 1 sampai 4 tahun kepada Petugas Registrasi Desa (PRD) dari 381 Desa dan 5 kelurahan se-Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Identitas Mayat Wanita di Sungai Citatih Cibadak Mulai Terkuak

Sementara itu Ketua Pengadilan Agama Cibadak, Hendi Rustandi menjelaskan bahwa Sidang Isbat Nikah ini merupakan implementasi dari peraturan Mahkamah Agung nomor 1 tahun 2015.

"Tahun ini (2021) kita ada 240 slot untuk sidang isbat gratis. Sampai saat ini, tersisa sekitar 85 slot," kata Hendi.

Lebih jauh menurut Hendi, Pengadilan Agama Cibadak tengah membuat inovasi untuk mempermudah pelayanan Isbat Nikah kepada masyarakat yang belum memiliki buku nikah.

Proses Isbat Nikah kedepan bisa diproses secara online di Pengadilan Agama Cibadak.

"Nanti proses sidang isbat bisa dilakukan secara daring. Sehingga, tidak selalu tatap muka," ungkapnya.(*)

SUKABUMI TERKINI