Intip Konsep Desain Jembatan Gantung Terkeren di Jawa Barat Akan Dibangun di Sukabumi

Minggu, 04 April 2021 - 03:28 WIB
Intip Konsep Desain Jembatan Gantung Terkeren di Jawa Barat Akan Dibangun di Sukabumi
Intip Konsep Desain Jembatan Gantung Terkeren di Jawa Barat Akan Dibangun di Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Dalam waktu dekat objek wisata Curug Cinumpang yang berada di wilayah Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, akan memiliki jembatan gantung.

Digadang-gadang, jembatan gantung yang nantinya akan dibangun untuk menarik wisatawan ini memiliki desain unik yang pertama ada di Jawa Barat.

Mengintip sedikit seperti apa jembatan gantung ini nantinya, Toto Hermawan selaku Tim Leader perencanaan Jembatan Cinumpang dari PT Dirgantara Jaya Konselindo kepada TatarSukabumi.ID membeberkan konsep jembatan usai ekspos kepada Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, belum lama ini.

"Beliau (Bupati) menitik beratkan bahwa desain jembatan pertama harus dikerjakan dengan baik. Desain harus maksimal dan optimal karena ini anggaran negara, mulai dari segi dampak ke masyarakat, mutu, kwalitas, selama dikerjakan atau setelahnya, keselamatan jadi prioritas harapan bersama," ujar Toto.

BACA JUGA : Papajar Ramadhan 2021 Geopark Ciletuh Dibanjiri Wisatawan

Lebih jauh disinggung konsep desain yang akan diterapkan dalam pembangunan jembatan gantung yang rencananya dalam waktu dekat akan mulai digarap, kepada TatarSukabumi.ID Toto menjelaskan.

"Desain model jembatan yang akan dibangun adalah pertama di Jawa barat yang miliki spot selfi tersendiri dengan bentangan total (jembatan) sepanjang 90 meter dikerjakan dua segmen.

"Untuk bahan digunakan steel earth (baja melengkung) dengan ketinggian 22 meter dari jalan sampai dasar sungai," jelas Toto.

BACA JUGA : Mega Proyek Kawasan Wisata dan Jalan 28 Kilometer di Sukabumi Juni Ini Mulai Digarap

Hasil ekspos bersama Bupati, Marwan Hamami meminta desain jembatan memiliki fungsi ganda, salah satunya terdapat spot yang bisa digunakan warga setempat mengais rejeki.

"Karena berdekatan dengan objek wisata Cinumpang, Bupati harapkan desain jembatan ini memiliki penataan muatan lokal dibawah jembatan agar dapat meningkatkan ekonomi warga sekitar," terangnya.

Disinggung soal estimasi anggaran pembangunan jembatan gantung yang nantinya akan terkoneksi dengan kawasan Agro Wisata Kadudampit, Tim Leader mengaku saat ini belum ada nilai pagu anggaran.

"Terkait anggaran pekerjaan masih on progres, sudah 90 persen untuk RAB, jadi (untuk total pembangunan) belum bisa saya sampaikan.

"Saya sebagai konsultan mengharapkan desain bisa direalisasikan tahun ini." jelasnya.(*)

SUKABUMI TERKINI