Hikmah Dari Tangan Jahil Komunitas Tempel Stiker di Cermin Lalu lintas Jalan Geopark Ciletuh

Selasa, 30 Maret 2021 - 18:34 WIB
Hikmah Dari Tangan Jahil Komunitas Tempel Stiker di Cermin Lalu lintas Jalan Geopark Ciletuh
Hikmah Dari Tangan Jahil Komunitas Tempel Stiker di Cermin Lalu lintas Jalan Geopark Ciletuh

TatarSukabumi.ID - Cermin cembung rambu jalan (Convex Mirror) yang sebelumnya sempat menuai sorotan publik akibat tangan jahil sejumlah pengendara yang sengaja menempelkan stiker di cermin akhirnya dibersihkan, Selasa (30/3/2021).

Relawan melakukan pengecekan lokasi convex mirror yang menuai banyak kecaman netizen ini, ternyata cermin ini berada di Kampung Cilegok RT 03/08, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Lokasi tempat berdirinya cermin di ruas jalan Loji - Puncak Darma menuju kawasan wisata berkelas internasional Geopark Ciletuh Sukabumi ini terkenal dengan sebutan Tanjakan Dini.

Kondisi ruas jalan tempat cermin keselamatan ini dipasang merupakan salah satu lokasi yang cukup rawan bagi pengendara, sehingga Dinas Perhubungan (Dishub) sengaja memasang convex mirror ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

BACA JUGA : Netizen Kecam Cermin Rambu Jalan Geopark Ciletuh Ditempeli Stiker Klub Motor Ini Kata Bina Marga

Setelah mendapatkan informasi cermin lalu lintas yang mengganggu pengendara akibat dipenuhi stiker, perangkat Desa Girimukti dibantu relawan penggerak wisata setempat melakukan pembersihan puluhan stiker yang mengotori convex mirror.

"Cermin tersebut dipasang di tanjakan Cilegok alias Tanjakan Dini tepatnya di Kampung Cilegok, Desa Girimukti.

"Kurang lebih ada 40 stiker yang sengaja ditempel di muka cermin dan tiang cermin, sudah kami bersihkan tadi," ungkap perangkat Desa Girimukti, Andri KT kepada TatarSukabumi.ID, Selasa (30/3).

BACA JUGA : Sukabumi Breaking News! Pria yang Diamankan Densus 88 Itu Kenal di Facebook Dengan Istrinya

Tidak hanya membersihkan Cermin di lokasi tersebut, penggerak wisata dan perangkat Desa Girimukti menyisir cermin lalu lintas di sepanjang akses jalan menuju Geopark Ciletuh.

Kepada pengguna jalan yang memiliki tangan jahil, Andri menghimbau agar kejadian serupa tidak terjadi kembali.

"Kami harap pengguna jalan maupun pengunjung dari mana saja agar tidak lagi menempelkan stiker ke rambu lalu lintas, karena itu akan mengganggu fungsi dari rambu tersebut dan bisa merugikan orang ke Geopark Ciletuh,"  tegasnya.

BACA JUGA : Masih Ada di Sukabumi Warga Tandu Orang Sakit 7 Kilometer Menuju Puskesmas

Namun ada sisi positif dari pemasangan stiker di cermin cembung, menurut Andri, hikmah dari peristiwa ini nantinya akan dibuat media khusus untuk menempel sticker bagi komunitas yang berkunjung ke wilayah Geopark.

"Rencananya kita akan buatkan sebuah media untuk menempel stiker berbagai komunitas, jadi bagi semua komunitas yang ingin berkontribusi dalam membuat dan menempelkan stiker dipersilahkan," tukasnya.

Perlu diakui lokasi Tanjakan Dini memiliki pemandangan yang cukup memukau, spot ini seringkali dimanfaatkan pengunjung untuk berhenti.(*)

SUKABUMI TERKINI