Netizen Kecam Cermin Rambu Jalan Geopark Ciletuh Ditempeli Stiker Klub Motor Ini Kata Bina Marga

Senin, 29 Maret 2021 - 23:54 WIB
Netizen Kecam Cermin Rambu Jalan Geopark Ciletuh Ditempeli Stiker Klub Motor Ini Kata Bina Marga
Netizen Kecam Cermin Rambu Jalan Geopark Ciletuh Ditempeli Stiker Klub Motor Ini Kata Bina Marga

TatarSukabumi.ID - Unggahan foto cermin cembung jalan (convex mirror) dengan tempelan berbagai stiker komunitas motor menuai sorotan berbagai kalangan.

Hasil penelusuran TatarSukabumi.ID  convex mirror yang menuai banyak kecaman dari netizen ini terpasang di ruas jalan Loji - Puncak Darma, akses jalan menuju kawasan wisata berkelas internasional Geopark Ciletuh Sukabumi.

Untuk diketahui, terdapat banyak tikungan tajam di ruas jalan tersebut, sehingga keberadaan cermin cembung ini sangat diperlukan pengguna jalan untuk mengetahui kendaran yang datang dari arah berlawanan untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

BACA JUGA : Sukabumi Breaking News! Pria yang Diamankan Densus 88 Itu Kenal di Facebook Dengan Istrinya

Dikonfirmasi terkait keberadaan cermin lalu lintas yang ditempeli stiker, Kepala Satuan Pelayanan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (KSPPJJ) 4 Bina Marga Provinsi Jawa Barat wilayah Sukabumi, Entis Sutisna, menyatakan terdapat beberapa cermin cembung di sepanjang ruas jalan Loji - Geopark.

Namun demikian, terkait tempelan stiker di cermin rambu jalan ini, Entis mengaku telah mendapat info akan hal itu, namun dirinya belum dapat memastikan di titik mana cermin tersebut.

"Iya sudah ada info, katanya (cermin) itu di ruas jalan Loji - Puncak Darma, namun saya belum cek kelapangan, lagi pula hal itu kewenangan ada di Dishub (dinas perhubungan)," ungkap Entis kepada TatarSukabumi.ID, Senin (29/3).

BACA JUGA : Masih Ada di Sukabumi Warga Tandu Orang Sakit 7 Kilometer Menuju Puskesmas

Cermin lalu lintas biasa dipasang di persimpangan jalan atau belokan tajam sehingga pengguna jalan bisa melihat lawan arah, dengan tempelan stiker di cermin Entis memastikan hal ini dapat menggangu fungsi cermin tersebut.

"Jelas mengganggu, cermin lalu lintas itu dipasang untuk kenyamanan atau rambu untuk pengguna jalan, jika fasilitas yang ada malah diganggu, jelas akan merubah fungsi. Seharusnya dipelihara keberadaannya malahan ada yang mengotori dengan tempelan stiker," ujar Entis.

Bagi pengguna jalan sambung Dia, dimohon kesadarannya untuk tetap berhati-hati dalam berkendara dengan tetap mematuhi rambu lalu lintas dan tidak merusak keberadaan rambu apapun.

"Jangan sampai merusak atau menganggu dan jangan alih fungsikan  rambu lalu lintas.

"Karena rambu itu sangat penting sebagai salah satu sarana acuan untuk mengatur keselamatan, kelancaran, dan ketertiban lalu lintas, serta banyak fungsi lain rambu untuk memberi perintah, petunjuk, larangan, maupun peringatan kepada para pengguna jalan." ungkap Kepala Satuan Pelayanan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (KSPPJJ) 4 Bina Marga Provinsi Jawa Barat.(*)

SUKABUMI TERKINI