Akuntabilitas dan Transparansi Keuangan Desa Kabupaten Sukabumi Terbaik di Jawa Barat

Senin, 29 Maret 2021 - 22:28 WIB
Akuntabilitas dan Transparansi Keuangan Desa Kabupaten Sukabumi Terbaik di Jawa Barat
Akuntabilitas dan Transparansi Keuangan Desa Kabupaten Sukabumi Terbaik di Jawa Barat

TatarSukabumi.ID - Guna mewujudkan pengelolaan keuangan aset desa secara transparan dan akuntabel, secara berkala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi berikan pencerahan dan pemahaman pengelolaan keuangan dana desa kepada 381 Pemerintahan Desa di Kabupaten Sukabumi.

Hal ini diungkap Prasetyo selaku Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi.

Lebih spesifik lagi sambung Prasetyo, Pihaknya berupaya memfasilitasi Pemerintah Desa terkait perkembangan dan perubahan kebijakan umum pengelolaan keuangan desa baik Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Pemkab Sukabumi.

"Kita fokus memberikan pencerahan terkait mekanisme penyaluran dana desa, jadi pada intinya proses percepatan penyaluran dana desa
jangan sampai terkendala salah satunya oleh refocusing," ungkap Prasetyo, Senin (29/3).

BACA JUGA : Verifikasi Anugrah Parahita Ekapraya Pemkab Sukabumi Dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Prasetyo tidak menepis ada beberapa kendala permasalahan salah satunya keterlambatan anggaran akibat perubahan kebijakan Pemerintah.

"Maka kita menyikapi bagaimana desa harus melakukan berbagai upaya, langkah akibat perubahan kebijakan, maka desa harus dapat menyesuaikan dengan menyusun perubahan APBDes dalam menyikapi dan memasukkan kebijakan pusat atau daerah kedalam APBDes.

"Kita dorong bantu agar desa secepatnya bisa menyesuaikan dalam hal regulasi sebagai dasar nanti melaksanakan pengelolaan keuangan desa," beber Prasetyo.

BACA JUGA : 20 Suku dan Ormas Terbanyak di Indonesia, Kesbangpol Antisipasi Potensi Konflik di Sukabumi

Disinggung hasil evaluasi pengelolaan keuangan desa oleh DPMD Kabupaten Sukabumi, Prasetyo menyatakan Kabupaten Sukabumi dinilai cukup baik di mata DPMD provinsi Jawa Barat.

"Untuk akuntabilitas pengelolaan keuangan DPMD Kabupaten Sukabumi sampai saat ini di Jawa Barat masih menjadi tolak ukur bagi kabupaten lain," tukasnya.

Pasalnya sambung Prasetyo, DPMD Kabupaten Sukabumi telah berhasil melakukan terobosan dan berbagai inovasi dalam menciptakan akuntabilitas keuangan desa khususnya dalam tatanan administratif.

"Kita memiliki terobosan melalui fasilitasi transaksi tunai atau non tunai, Sitanti dan IBC kita sudah terintegrasi. Dengan mekanisme ini kita bangun aplikasi guna  pengendalian dan pengawasan agar jangan sampai kepala desa dengan kekuasaan yang dimiliki keluar dari koridor aturan yang berlaku," tegasnya.

BACA JUGA : Masih Ada di Sukabumi Warga Tandu Orang Sakit 7 Kilometer Menuju Puskesmas

Lebih jauh menurut Dia, pada Maret ini Pihaknya diundang DPMD Provinsi Jawa Barat untuk menjadi narasumber dalam best practice pengelolaan keuangan desa se Jawa Barat.

"Kepala dinas DPMD provinsi
mengapresiasi terobosan Eksekutif Information system (EIS-desa ) yang kita buat.

"Nanti untuk monitoring pengawasan dan pengelolaan keuangan desa, kami (Kabupaten Sukabumi) dipercaya menjadi percontohan dalam pengelolaan keuangan desa tingkat Jawa Barat." jelasnya.(*)

SUKABUMI TERKINI