BMKG : Gempa Tektonik Dangkal Sukabumi

Senin, 22 Februari 2021 - 08:30 WIB
BMKG : Gempa Tektonik Dangkal Sukabumi
BMKG : Gempa Tektonik Dangkal Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Gempa Tektonik berkekuatan M 4.6 dengan titik episenter terletak pada koordinat 7.64 LS dan 106.56 BT, pada jarak 72 kilometer pada kedalaman 28 kilometer Selatan Sukabumi Jawa Barat.

Getaran gempa yang terjadi pukul 21:56:32 WIB itu dirasakan cukup kuat terutama disejumlah wilayah bagian selatan Kabupaten Sukabumi.

Koordinator Mitigasi Gempabumi dan Tsunami pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono, kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan, dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shake map) serta berdasar laporan dari masyarakat, gempa dirasakan di wilayah Pangandaran, Garut Selatan, Cikajang, Cianjur Selatan, Pangalengan, Kota Sukabumi, Cipamingkis, Jampang, Sagaranten, Cigaru, Cisompet, Sindangbarang, Pamengpeuk, Bungbulang, Ciwidey dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah).

BACA JUGA : Kerangka Manusia Diduga Korban Pembunuhan Ditemukan di Cikidang Sukabumi

Untuk wilayah Palabuhanratu, Panggarangan, Cisolok, Cikembar, Tegalbuleud, Bayah, Cikotok, Cihara memiliki skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas penyesaran dalam Lempeng Eurasia," jelas Daryono.

Hasil kajian sementara BMKG, Gempa Sukabumi berkekuatan M 4,6 dipicu oleh aktivitas Cipamingkis Fault yang menerus ke laut.

Hingga pukul 22:35 WIB tadi malam hasil monitoring BMKG tidak menunjukan ada aktivitas gempa susulan.(*)

SUKABUMI TERKINI