Wanita Asal Nusa Tenggara Barat Ditampung di Sukabumi Diduga Korban Human Trafficking

Jumat, 19 Februari 2021 - 20:10 WIB
Wanita Asal Nusa Tenggara Barat Ditampung di Sukabumi Diduga Korban Human Trafficking
Wanita Asal Nusa Tenggara Barat Ditampung di Sukabumi Diduga Korban Human Trafficking

TatarSukabumi.ID - Jajaran Polsek Kebonpedes Polres Sukabumi Kota dan Pemerintah Kecamatan Kebonpedes melakukan penggerebekan kontrakan di wilayah Kampung Ciseke, RT 01/RW 04, Desa Cikaret, Kecamatan Kebonpedes, Jumat (19/2/2021).

Penggerebekan yang dilakukan unsur Muspika Kebonpedes karena disinyalir terjadi dugaan praktek penampungan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural di lokasi kontrakan tersebut.

Kapolsek Kebonpedes, IPTU Tommy Ganhany Jaya Sakti kepada TatarSukabumi.ID menyebut, dalam penggerebekan yang dilaksanakan pukul 10 30 WIB siang tadi berhasil mengamankan 3 wanita yang diduga merupakan calon PMI dari luar pulau Jawa.

Lebih jauh Tommy mengatakan, penggerebekan bermula dari laporan masyarakat yang mencurigai adanya aktivitas warga dari luar provinsi yang beraktivitas di kontrakan tersebut.

"Dugaan sementara kalau menurut pak Ade dari Disnakertrans, ada unsur-unsur un-prosedural, makanya kami berkooridnasi dengan Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota dan beliau telah menugaskan anggotanya untuk melakukan penyelidikan selanjutnya terkait dengan adanya dugaan tersebut," ungkap IPTU Tommy, Jumat (19/2).

BACA JUGA : 3 Wanita Calon Pekerja Migran Indonesia Asal NTB Diselamatkan Petugas Dari Rumah Kontrakan di Sukaraja Sukabumi

Menurut Tommy, Kepolisian masih mendalami kasus ini, apakah ada indikasi Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) atau human trafficking.

Namun demikian Tommy belum dapat memastikan ada unsur human trafficking dalam kasus ini dan akan melakukan pendalaman.

"Untuk penanganan yang kami amankan tadi adalah Korban dari dugaan sementara kasus tindak pidana perdagangan orang atau human trafficking.

"Kami masih dalami kalau memang ada unsur-unsur yang masuk dalam tindak pidana maka akan kita proses sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku," jelas Tommy.

BACA JUGA : KPK Sita Barang Bukti Aset Vila dan Tanah di Sukabumi Dalam Kasus Dugaan Tindak Pidana Korupsi Mantan Menteri KKP

Dalam penggerebekan ini Polisi berhasil mengamankan 3 orang wanita yang diduga sebagai korban, sementara dari informasi laporan masyarakat terdapat sedikitnya 16 orang wanita calon PMI dalam rumah kontrakan tersebut.

"Yang diamankan tiga orang. Untuk sementara pihak pengelola calon PMI tidak kami temukan, diduga 13 calon PMI lainnya telah berpindah tempat sebelum petugas datang," jelasnya.

Halaman Selanjutnya >>>>

SUKABUMI TERKINI