Donor Darah Damkar Kabupaten Sukabumi, PMI Masih Butuh 500 Labu Darah Setiap Bulan

Kamis, 18 Februari 2021 - 13:35 WIB
Donor Darah Damkar Kabupaten Sukabumi, PMI Masih Butuh 500 Labu Darah Setiap Bulan
Donor Darah Damkar Kabupaten Sukabumi, PMI Masih Butuh 500 Labu Darah Setiap Bulan

TatarSukabumi.ID - Ratusan Personil Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan rutin donor darah, Kamis (18/2/2021).

Kegiatan rutin setiap 3 bulan bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi ini dilaksanakan di Markas Pos Unit II Damkar Cibadak, Jalan Raya Sekarwangi, Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Tidak hanya personil Damkar Kabupaten Sukabumi, Unsur Muspika Cibadak turut serta melaksanakan donor darah sesuai intruksi Bupati Sukabumi yang mewajibkan jajaran ASN (Aparatur Sipil Negara) donor darah setiap 3 bulan.

BACA JUGA : Dugaan Pungli Penyalahgunaan Wewenang dan Tindak Pidana Korupsi Program Bantuan Covid Bagi MDT dan Pondok Pesantren di Sukabumi

Sekdis Damkar Kabupaten Sukabumi, Syarifudin Rahmat kepada awak media menyatakan kegiatan donor darah merupakan agenda wajib setiap 3 bulan  bagi seluruh jajaran Damkar yang dinyatakan sehat sesuai hasil test PMI sebagai pendonor.

"Kita targetkan 100 orang personil Damkar melaksanakan donor darah hari ini, sebagian personil sebelumnya juga telah melakukan donor di Palabuhanratu,"

"Dalam tugas fungsi Damkar itu ada kaitan dengan penyelamatan atau rescue, hari ini bagian tugas kita dalam penyelamatan dan kemanusiaan," ujar Syarifudin kepada TatarSukabumi.ID, Kamis (18/2).

BACA JUGA : Pemancing Tenggelam di Perairan Laut Selatan Sukabumi

Ditempat yang sama, Humas PMI Kabupaten Sukabumi, Agus Sutisna menyatakan apresiasi atas kerjasama yang telah terjalin dengan Damkar Kabupaten Sukabumi.

Menurut Agus, ditengah pandemi Pihaknya cukup kekurangan ketersediaan darah, namun dengan terbitnya intruksi Bupati Sukabumi yang mewajibkan donor darah kepada ASN, PMI optimis ketersediaan stok di Bank Darah meningkat secara signifikan.

"Diawal tahun 2021 kita sangat kurang sekali, namun dengan adanya intruksi Bupati alhamdulilah dapat membantu," kata Agus.

Lebih jauh Agus mengatakan, kebutuhan akan darah di Kabupaten Sukabumi mencapai 1500 labu darah setiap bulannya.

"Saat ini, dengan menggiatkan donor darah baik kepada ASN maupun masuk ke perusahaan - perusahaan, setiap bulannya kita bisa mengumpulkan 1000 labu darah," terangnya.(*)

SUKABUMI TERKINI