Pilot Project BNNK Sukabumi, Kampung Tangguh Bersinar Jambenenggang Kecamatan Kebonpedes

Kamis, 18 Februari 2021 - 12:20 WIB
Pilot Project BNNK Sukabumi, Kampung Tangguh Bersinar Jambenenggang Kecamatan Kebonpedes
Pilot Project BNNK Sukabumi, Kampung Tangguh Bersinar Jambenenggang Kecamatan Kebonpedes

TatarSukabumi.ID - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi bekerjasama dengan Pemerintah Desa Jambenenggang dan Pemerintah Kecamatan Kebonpedes inisiasi Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar).

Kampung Tangguh Bersinar merupakan program lanjutan BNNK Sukabumi setelah sebelumnya sukses dalam program Desa Bersinar di 5 Desa se-Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi.

Disela deklarasi Kampung Bersinar Desa Jambenenggang, Kepala BNNK Sukabumi AKBP Fahmi Cipta Dewantara, mengungkapkqn, sebagai upaya menekan tindak penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat dibutuhkan semangat kebersamaan dan kepedulian seluruh elemen masyarakat desa serta organisasi Pemerintah Desa.

BACA JUGA : Dugaan Pungli Penyalahgunaan Wewenang dan Tindak Pidana Korupsi Program Bantuan Covid Bagi MDT dan Pondok Pesantren di Sukabumi

Menurut Fahmi, melanjutkan program Desa Bersinar, dengan Kampung Tangguh Bersinar luang lingkup potensi penyalahgunaan dan peredaran narkoba akan semakin dapat ditekan.

Sehingga, sambung Kepala BNNK Sukabumi, dibutuhkan dukungan dan keseriusan organisasi Kepemudaan, Karang Taruna, untuk bersinergi dengan mitra Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, dalam berjuang mengajak masyarakat nyatakan perang terhadap narkoba.

"Kepada MUI (Majelis Ulama Indonesia) tingkat Desa, secara berkelanjutan memberikan bimbingan keagamaan sehingga terbentuk akhlaqul karimah karakter generasi bangsa yang kuat, beriman, kreatif, inovatif, dalam mewujudkan cita-cita keluarga dan bangsa," ungkap Fahmi Dewantara, Rabu (17/2).

BACA JUGA : Terungkap! Hasil Kajian Badan Geologi Pemicu Bencana Pergerakan Tanah di Sukabumi

Sementara itu, Kepada Desa Jambenenggang, Ojang Apandi kepada TatarSukabumi.ID menyatakan, dalam program Kampung Tangguh Bersinar Jambenenggang Pemerintah Desa telah membentuk Satgas mulai Tingkat RT dengan jumlah 30 orang.

"Dengan program Kampung Tangguh Bersinar, penguatan perang terhadap Narkoba akan terus disosialisasikan dan disuarakan oleh Satgas hingga di tingkat RT bahkan Keluarga.

"Tidak hanya menekan peredaran Narkoba, dampak Kampung Tangguh Bersinar telah sukses dalam menekan kenakalan remaja, dan meningkatkan pembangunan di Desa," ungkap Ojang.

BACA JUGA : Pemancing Tenggelam di Perairan Laut Selatan Sukabumi

Ditambahkan Camat Kebonpedes, Ali Iskandar, menurut Dia metode yang digunakan dengan melibatkan Satgas di tingkat RT dinilai akan lebih tepat sasaran.

Selanjutnya Kampung Tangguh Bersinar Desa Jambenenggang sebagai pilot projects akan ditularkan kepada 4 Desa lain di wilayah Kecamatan Kebonpedes.

"Metode efektif dengan menciptakan satgas hingga tingkat RT, dengan rule model itu edukasi, sosialisasi dengan konsep pendekatan akan langsung masuk hingga diterima di tingkat keluarga.

"Seluruh desa di kecamatan Kebonpedes bisa menggunakan pola yang sama, sehingga Desa Jambenenggang sebagai pilot project bisa menularkannya ke desa lain," ungkap Ali Iskandar.(*)

SUKABUMI TERKINI