Ribka Tjiptaning : Jangan Hanya Saham dan Investasi yang Dipikir Sementara Rakyat Sekitar Miskin

Senin, 15 Februari 2021 - 19:21 WIB
Ribka Tjiptaning : Jangan Hanya Saham dan Investasi yang Dipikir Sementara Rakyat Sekitar Miskin
Ribka Tjiptaning : Jangan Hanya Saham dan Investasi yang Dipikir Sementara Rakyat Sekitar Miskin

TatarSukabumi.ID - Mantan Wakil Rakyat Daerah Pemilihan Sukabumi di Komisi IX DPR-RI, Ribka Tjiptaning Ploretariyati mengalami rotasi, saat ini Politisi wanita Fraksi PDI Perjuangan tersebut menduduki bangku Komisi VII DPR RI.

Kepada awak media saat melakukan peninjauan 3 lokasi bencana pergeseran tanah di Kabupaten Sukabumi, politisi yang sempat viral akibat pernyataannya yang enggan di vaksin Covid-19 mengaku akan tetap konsisten memperjuangkan suara rakyat.

Sesuai tupoksi di Komisi VII DPR-RI, kepada TatarSukabumi.ID Ribka menyatakan siap pelototi masalah Pertambangan.

BACA JUGA : Mengerikan! Pergerakan Tanah Lebih 2 Meter di Sukabumi, Ribka Tjiptaning dan Ono Surono Tinjau Lokasi

Ribka menegaskan, Pertambangan di Indonesia jangan sampai berdampak signifikan terhadap rusaknya alam maupun berdampak langsung terhadap rakyat.

"Ekplorasi tambang akan berdampak kepada rakyat maupun alam.

"Kepada pertanian pasti terdampak, tanahnya menjadi tidak subur, air bisa bikin orang gatal gatal, penyakit kulit, udara misalnya ada gas H2S, pasti ada dampaknya itu pertambangan,

"Aku sudah mulai berteriak, karena baru (di Komisi VII) aku belajar dulu terkait pertambangan," ungkap Ribka Tjiptaning, di lokasi bencana pergerakan tanah yang mengancam ratusan rumah di Kecamatan Nyalindung Sukabumi, Minggu (14/2).

BACA JUGA : Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kaji Penyebab Mekanisme Hingga Penanganan Pergerakan Tanah di Sukabumi

Lebih jauh Ribka menyatakan, dengan posisinya di Komisi VII, dirinya akan mendorong Pelaku Tambang untuk lebih memperhatikan nasib rakyat, khususnya warga terdekat tambang.

"Aku biasanya mengurus orang (komisi IX) sekarang ngurus minyak sama gas, tapi yang jelas dulu juga biasanya saya sering urus (tambang) tapi dulu dampak kepada masyarakatnya, buruhnya, tenaga kerjanya yang kita urusin, Sekarang di Komisi VII kan beda tapi tetap akan aku suarakan.

"Jangan main eksplore saja cuma saham yang dipikirin, investasi saja, tapi masyarakat sekitarnya mendapat apa gara gara itu (tambang), masyarakat sekitar masih miskin," beber Ribka Tjiptaning.

BACA JUGA : Rumah Warga Nagrak Sukabumi Terbakar Ternyata Ini Penyebabnya

Kepada awak media Ribka pastikan dirinya akan soroti Pertambangan khususnya di wilayah Sukabumi, disinggung awak media dengan ketidakberdayaan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi yang tidak dapat melakukan intervensi lebih pada sektor Pertambangan, mengingat kebijakan Pertambangan sepenuhnya merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat.

"Ga ada cerita itu, mau Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Daerah, tinggal hatinya ada untuk rakyat atau tidak. Saya (akan) intervensi banget (pertambangan)." tegas Ribka Tjiptaning. (*)

SUKABUMI TERKINI