Satlantas Polres Sukabumi Beri Pelatihan dan Sertifikasi Driver Ambulans Desa

Selasa, 09 Februari 2021 - 12:02 WIB
Satlantas Polres Sukabumi Beri Pelatihan dan Sertifikasi Driver Ambulans Desa
Satlantas Polres Sukabumi Beri Pelatihan dan Sertifikasi Driver Ambulans Desa

TatarSukabumi.ID - Satlantas Polres Sukabumi beri pelatihan dan sertifikasi kepada Anggota Satlantas dan driver mobil Ambulans se-Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Sedikitnya 6 Petugas Satlantas Polres Sukabumi dan 10 driver Ambulans Desa menerima materi, edukasi, sekaligus sertifikasi oleh Kasat Lantas Polres Sukabumi AKP Riki FM, Selasa (9/2/2021).

Kepada TatarSukabumi.ID, Riki menyatakan kegiatan pelatihan kepada Anggota Satlantas dan driver Ambulans ini dilkasanakan Kepolisian sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kita mendukung program 100 hari kerja Kapolri untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di masa pandemi," ungkap Kasat Lantas Polres Sukabumi.

"Nantinya sopir ambulans kita berikan sertifikat, Kita berikan pelatihan, kita cek lisensi-nya, kita berikan edukasi kepada mereka cara membawa penumpang baik pasien maupun jenazah," sambung Dia.

"Mengapa kita juga berikan pemahaman bersama Anggota Satlantas, karena nantinya anggota akan bersinergi, karena  ambulans ini mendapat prioritas utama di jalan raya," beber Riki FM, Selasa (9/2).

BACA JUGA : Warga Kota dan Kabupaten Sukabumi Kekurangan Air Baku Dibutuhkan Water Treatment

Salah satu materi yang diberikan kepada para driver ambulans adalah cara penggunaan rotator maupun sirine ambulans.

Menurut Riki, penggunaan rotator dan sirine telah diatur dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan jalan.

"Kedepannya anggota Satlantas maupun Sopir Ambulans memiliki kemampuan dan keahlian dalam menggunakan kewenangannya di jalan raya dengan tetap menghormati pengguna jalan lain," tegas Kasat Lantas.

BACA JUGA : Dugaan Kasus Pemotongan Bantuan Covid-19 di Desa Sukamulya Cikembar, Marwan Hamami : Kalau Memang Kejadian Keterlaluan

Mengingat situasi pandemi, sambung Riki, Pihaknya tidak bisa sertamerta mengumpulkan seluruh driver ambulans di wilayah hukum Polres Sukabumi.

Namun demikian, Kasat Lantas memastikan, program ini akan berkelanjutan mengingat dewasa ini nyaris seluruh Desa di Kabupaten Sukabumi memiliki unit ambulans desa.

"Kita saat ini melakukan kegiatan dengan tetap menerapkan sosial distancing sehingga pelatihan ini diberikan kepada sopir ambulans di setiap kecamatan," tandasnya.(*)

SUKABUMI TERKINI