Periksa Kandungan Persalinan Hingga Akta Kelahiran dan Adminduk Gratis Bagi Warga Kebonpedes

Sabtu, 06 Februari 2021 - 19:10 WIB
Periksa Kandungan Persalinan Hingga Akta Kelahiran dan Adminduk Gratis Bagi Warga Kebonpedes
Periksa Kandungan Persalinan Hingga Akta Kelahiran dan Adminduk Gratis Bagi Warga Kebonpedes

TatarSukabumi.ID - Program pelayanan publik Bidan Akta-ku yang diinisiasi Pemerintah Kecamatan Kebonpedes beberapa waktu silam mulai berjalan.

Ditandai dengan kelahiran 4 bayi dalam sepekan terakhir, Camat Kebonpedes, Ali Iskandar secara simbolik menyerahkan langsung Akta Kelahiran, dan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada keluarga yang baru mendapat momongan.

Tidak hanya menerima Akta Kelahiran dan KIA, dalam program pelayanan Bidan Terintegrasi Kecamatan ini, Keluarga menerima Kartu Keluarga pengganti dengan bertambahnya anggota keluarga Baru.

"Jadi ini merupakan sebuah kado, bagi masyarakat yang memiliki anggota keluarga baru.

"Bidan mengurus seluruh kebutuhan administrasi kependudukan mulai dari kutipan Akta Kelahiran, KIA hingga Kartu Keluarga pengganti, dan ini didapat secara cuma cuma alias gratis," ujar Ali Iskandar kepada TatarSukabumi.ID, usai menyerahkan adminduk kepada warga di 2 Desa Kecamatan Kebonpedes.

BACA JUGA : Bantuan Warga Desa Sukamulya Diduga Disunat Oknum Padahal Camat Cikembar Tegas Larang Ada Potongan

Dalam program Bidan-Ku ini, sambung Ali Iskandar, menguatkan fungsi bidan yang tugas pokok awalnya hanya membantu persalinan, saat ini Bidan turut membantu menerbitkan Akta Kelahiran bekerjasama dengan Kecamatan Kebonpedes.

Lebih jauh Camat Kebonpedes menyebutkan, di tahun 2021 tercatat kurang lebih 600 bayi akan lahir di wilayahnya.

Kepada Ibu hamil, sambung Ali, tenaga Bidan Puskesmas telah melakukan pendataan, saat ini tercatat 600 rencana kelahiran di tahun 2021.

Dengan program Bidan-Ku seluruh Ibu Hamil dipastikan akan mendapat pelayanan kehamilan mulai dari periksaan kandungan, proses kelahiran, hingga pengurusan administrasi kependudukan gratis.

"Kita punya target dalam satu tahun memberikan layanan persalinan secara gratis kepada 600 bayi lahir di tahun 2021," ungkap Ali.

BACA JUGA : Kajari Wajibkan Jajaran Adhyaksa Kabupaten Sukabumi Donor Darah Setiap 3 Bulan

Di Minggu pertama Januari 2021, pasangan Santi dan Saripudin warga Kampung Awilega, Desa Bojong Sawah, mendapat karunia 2 putri kembar Salsabila Alzahra dan Selin Nafeesa.

Dibawah pelayanan Bidan Mey, di kpung yang sama pasangan Yeni dan Abdurohman juga mendapat momongan Dahyah Sukma Linuhung.

Dihari yang sama, Camat Ali Iskandar juga menyerahkan kutipan Akta Kelahiran Bayi atas nama Abdul Hamid putera dari Pasutri Asep Nurdin dan Vera Rahmawati, dibawah pelayanan Bidan Asti.

Keempat Bayi menerima kutipan Akta Kelahiran, dan KIA, sementara Ibu Bapak mereka tidak harus repot untuk mengurus KK pengganti.

BACA JUGA : Keterlaluan! Bantuan Sosial Warga Desa Sukamulya Cikembar Sukabumi Diduga Disunat 400 Ribu

Dalam program Bidan-Ku seluruh proses layanan administrasi kependudukan dipastikan akan selesai dalam 5 hari kerja (satu minggu).

Sebelum persalinan, bidan meminta data untuk mengurus administrasi, selanjutnya bidan mengurus formulir A1 ke Desa.

"Selanjutnya seluruh data di bawa ke UPTD Disdukcapil dan maksimal dalam waktu satu minggu seluruh administrasi kependudukan baik bagi anak maupun Kartu Keluarga baru bisa selesai." terangnya.(*)

SUKABUMI TERKINI