Sisi Positif Pandemi Momentum Digitalisasi Pasar Kerajinan dan UMKM menuju industri 4.0

Rabu, 27 Januari 2021 - 19:27 WIB
Sisi Positif Pandemi Momentum Digitalisasi Pasar Kerajinan dan UMKM menuju industri 4.0
Sisi Positif Pandemi Momentum Digitalisasi Pasar Kerajinan dan UMKM menuju industri 4.0

TatarSukabumi.ID - Ditengah keterpurukan ekonomi.dampak pandemi Covid-19 Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) diharapkan mampu menjadi salah satu lembaga yang handal mendukung kemandirian ekonomi Indonesia khususnya Kabupaten Sukabumi.

Hal ini diungkap Yani Jatnika Marwan disela kegiatan Musyawarah Daerah Dekranasda Kabupaten Sukabumi, Rabu (27/01/2021).

Dalam Musda yang dalam salah satu agendanya adalah penyusunan kepengurusan, Ketua Dekranasda Yani Jatnika meminta jajaran pengurus baru memiliki inovasi dan gagasan guna mendorong pelaku UKM untuk lebih maju dan berkembang.

"Kedepan kita sudah siapkan program program untuk fasilitasi pelaku usaha agar bisa lebih maju, seperti tahun lalu kegiatan Culinary night dan Fashion, bazar dan lain lain.

"Bukan itu saja, kedepan harapannya Dekranasda bisa membuka workshop, memveri pelatihan kepada pelaku usaha baru untuk meningkatkan kemampuannya" ungkap Yani Jatnika, Rabu (27/1).

BACA JUGA : 15 Rumah di Simpenan Sukabumi Terendam Banjir

Musda yang mengusung tema sisi positif pandemi Covid-19 sebagai momentum percepatan digitalisasi pasar kerajinan dan UMKM menuju industri 4.0, Yani Jatnika memastikan Dekranasda harus bisa menjadu motivator dan bagi UKM untuk lebih maju.

Menurut Yani, Dekranasda memiliki sarana promosi atau gerai bagi pelaku usaha untuk menjual dan mempromosikan produk.

Dan hingga saat ini, sambung Yani, terdapat sekitar 60 pengrajin yang telah tergabung di dekranasda.

"Kami mengajak pelaku usaha kerajinan lain untuk bergabung, kedepan kita akan kolaborasikan dengan perusahaan travel dan pariwisata agar dapat mampir ke gerai dekranasda untuk membeli produk hasil kerajinan masyarakat Kabupaten Sukabumi" tandasnya.

BACA JUGA : Vaksin Sinovac Telah Tiba di Sukabumi Siap Didistribusikan ke Masyarakat

Musda kali ini juga dihadiri Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Zainul S, menurutnya campur tangan Dekranasda secara signifikan telah memberi dampak kemajuan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah.

"Kita miliki potensi dan kekayaan alam di bidang Pariwisata, ini harus Kita manfaatkan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

"Dekranasda telah memberikan dampak yang signifikan untuk kemajuan pelaku UMKM Kabupaten Sukabumi." ungkap Zaenul.

SUKABUMI TERKINI