15 Rumah di Simpenan Sukabumi Terendam Banjir

Selasa, 26 Januari 2021 - 18:32 WIB
15 Rumah di Simpenan Sukabumi Terendam Banjir
15 Rumah di Simpenan Sukabumi Terendam Banjir

TatarSukabumi.ID - Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kecamatan Simpenan dan sekitarnya mengakibatkan banjir merendam sejumlah rumah warga Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Senin (25/1/2021) tadi malam.

Kepala Desa Cidadap, Deden Anta Nurman, kepada TatarSukabumi.ID  mengatakan, lokasi banjir melanda 3 kampung meliputi Kampung Mariuk, Cinyocok dan Citamiang.

Menurut Deden, banjir terjadi secar mendadak, padahal sebelumnya kondisi cuaca siang kemarin cukup panas.

"Setiap tahun memang seperti ini banjir, namun sebelumnya memang tidak sampai seperti malam kemarin melanda rumah warga," ujar Deden kepada TatarSukabumi.ID, Selasa (26/1/2021).

BACA JUGA : Vaksin Sinovac Telah Tiba di Sukabumi Siap Didistribusikan ke Masyarakat

Dari Hasil pemantauan Perangkat Desa, bersama BPBD, dan unsur Muspika Simpenan, di lokasi banjir Kampung Mariuk, Cinyocok dan Citamiang belasan rumah warga terdampak.

"Sekitar 15 rumah sempat terendam banjir, di wilayah Citamiang menjadi lokasi terparah, karena ada pagar rumah warga jebol dan ada satu sekolah PAUD yang terdampak," jelas Deden.

Lebih jauh Deden menjelaskan, akibat debit aliran Sungai Citamiang yang meluap, bangunan PAUD dan rumah warga terendam, buku pelajaran dan komputer ikut rusak akibat genangan air.

"Sore ini cuaca hujan kembali, namun debit air masih terkendali, semoga saja tidak terjadi hal yang tak kita harapkan," harapnya.

BACA JUGA : Bawa Tramadol Untuk Diedarkan Pria Asal Cibatu Cisaat Diamankan Polisi

Sementara itu, salah seorang warga terdampak di Kampung Citamiang, Irpan (41) menyatakan, sedikitnya 10 unit komputer di rumahnya rusak akibat terendam banjir.

"Luapan air tidak tertampung meluap ke jalan dan garasi sekitar 3 meter di rumah saya itu, setelah tembok jebol air baru bisa keluar," kata Irpan.

Kerugian materil yang diderita Irpan mencapai 40 juta rupiah, selain 10 unit PC, bagian garasi rusak dan pagar rumah ikut jebol dilanda banjir.

BACA JUGA : Kebakaran di Sukabumi Rumah Motor dan Uang Tunai 11 Juta Rupiah Ludes Terbakar

Warga lainnya, Byans Adi Nugraha, mengaku luapan air terjadi secara tiba - tiba.

"Hujan sangat deras selepas Magrib, aliran sungai meluap hingga banjir. Yang saya tahu Sekitar 4 rumah di RT 01 dan 02 RW 10 yang sempat terendam banjir, penghuni mengungsi ketempat saudara dan tetangga," terangnya.

Penyebab luapan air dari Sungai Citamiang, sambung Irpan, akibat gorong - gorong yang tersumbat material kayu yang terbawa dari hulu Sungai hingga air meluap kejalan raya dan pemukiman warga.

"Saluran air tersumbat material kayu yang terbawa air dari bagian hulu, banjir juga sempat mengganggu arus lalulintas dari Palabuhanratu - Kiaradua," ungkapnya.(*)

SUKABUMI TERKINI