Pemuda Asal Cianjur Terjaring Operasi PPKM di Sukabumi Polisi Temukan Obat Terlarang

Senin, 18 Januari 2021 - 18:55 WIB
Pemuda Asal Cianjur Terjaring Operasi PPKM di Sukabumi Polisi Temukan Obat Terlarang
Pemuda Asal Cianjur Terjaring Operasi PPKM di Sukabumi Polisi Temukan Obat Terlarang

TatarSukabumi.ID - Terhitung sejak 11 hingga 25 Januari 2021 mendatang, Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi resmi menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dalam situasi PPKM, Petugas gabungan melibatkan Unsur Polri, TNI, Satpol PP, BPBD, Dishub dan Satgas Covid-19 Pemkab Sukabumi melaksanakan penyekatan di sejumlah titik akses pintu masuk Sukabumi dari luar kota.

Dalam operasi PPKM, Kendaraan, Pengemudi hingga awak angkutan yang hendak masuk ke wilayah Sukabumi diperiksa, selanjutnya bagi pengendara maupun penumpang yang tidak bisa menunjukan surat keterangan sehat dengan menunjukan bukti hasil rapid tes maupun tes Swab antigen akan dikembalikan ke tempat asal tidak bisa masuk ke wilayah Sukabumi.

BACA JUGA : Polres Sukabumi Kota Bongkar Kasus Peredaran Narkoba di 5 Kecamatan hingga Lapas Nyomplong

Dalam Operasi PPKM di wilayah Kecamatan Sukalarang tepat di akses masuk perbatasan Sukabumi dari arah Cianjur dan Bandung pada Minggu (17/1) kemarin, tidak hanya menindak sejumlah pengendara yang tidak bisa menunjukan hasil rapid test antigen, Kepolisian Resor Sukabumi Kota mencium gelagat mencurigakan dari seorang Pemuda pengendara motor asal Cianjur.

Atas kesigapan petugas, dilakukan pemeriksaan terhadap pria yang mencurigakan tersebut, dan hasilnya Polisi berhasil menemukan sejumlah obat obatan terlarang dari tangan tersangka.

"Untuk di daerah Sukalarang, Kami saat itu sedang melaksanakan kegiatan PPKM. Kami lakukan pemeriksaan terhadap masyarakat yang melintas yang menggunakan kendaraan dari luar Sukabumi.

"Kita dapati yang bersangkutan membawa obat-obatan terlarang," ungkap Kapolres Sukabumi, AKBP Sumarni kepada TatarSukabumi.ID di Mapolres Sukabumi Kota, Senin (18/1/2021).

BACA JUGA : Penyekatan di 7 Titik Akses Masuk Sukabumi Warga Luar Kota Dilarang Masuk dan Penutupan Tempat Hiburan

Saat ini Pelaku telah diamankan di Rumah Tahanan Polres Sukabumi Kota untuk selanjutnya akan dilakukan pengembangan kasus.

Kepada Kapolres Sukabumi Kota, Pelaku warga Kabupaten Cianjur yang baru berusia 20 tahun mengaku baru pertama kali mencoba mengedarkan sejumlah obat berbahaya ini.

Lebih jauh Pelaku mengaku mendapat barang tersebut dari Pria asal Aceh yang baru seminggu dikenalinya.

"Saat ini tersangka telah kita amankan untuk selanjutnya kita proses lebih lanjut," ungkap Sumarni.

Pelaku terancam dijerat dengan  Undang-undang Kesehatan nomor 36 tahun 2009 pasal 196 dan 197 jo Undang-undang nomor 5 tahun 1997 dengan ancaman maksimal 5 tahun.(*)

SUKABUMI TERKINI