Gempa Terkini Sukabumi - Cianjur Dipicu Sesar Aktif Gunung Gede Pangrango

Senin, 11 Januari 2021 - 21:01 WIB
Gempa Terkini Sukabumi - Cianjur Dipicu Sesar Aktif Gunung Gede Pangrango
Gempa Terkini Sukabumi - Cianjur Dipicu Sesar Aktif Gunung Gede Pangrango

TatarSukabumi.ID - Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 3.3 guncang wilayah Sukabumi dan Cianjur, pukul 19.35.05 WIB, Senin (11/1/2021).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat episenter gempa berada pada koordinat 6,78 LS  - 106,97 BT di kedalaman 10 kilometer tepatnya di darat pada jarak 16 kilometer arah Timur Laut Sukabumi Jawa Barat.

Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami pada BMKG, Dr Daryono kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman, Gempa Sukabumi - Cianjur ini merupakan jenis gempa dangkal yang dipicu oleh aktivitas sesar aktif yang diduga berada di antara Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

"Gempa ini dirasakan di Kadudampit, Cipanas, Cibodas, Cianjur, Sukabumi, dan Sukalarang dengan skala intensitas III MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan sebagai dampak gempa tersebut," ungkap Daryono, Senin (11/1).

BACA JUGA : Kasus KDRT Berujung Percobaan Bunuh Diri di Sukabumi Jawa Barat

Lebih jauh Daryono mengatakan, hingga malam hari ini pukul 20.15 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa susulan (after shock).

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya," pungkasnya.

Sementara itu, Elang Somantri warga Kecamatan Kadudampit kepada TatarSukabumi.ID menyatakan sempat kaget dan panik saat guncangan gempa terjadi.

"Guncangannya dirasakan cukup besar, tembok pun sampai bergetar.

"Saya langsung gendong anak keluar rumah, guncangan hanya sebentar sekitar 4 detik. Dan alhamdulillah untuk daerah sini tidak ada kerusakan," ungkapnya.(*)