Dewan Pendidikan Kritisi Peningkatan Kwalitas Pendidikan di Sukabumi

Kamis, 07 Januari 2021 - 13:38 WIB
Dewan Pendidikan Kritisi Peningkatan Kwalitas Pendidikan di Sukabumi
Dewan Pendidikan Kritisi Peningkatan Kwalitas Pendidikan di Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Selain bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, saat ini Dewan Pendidikan Kabupaten Sukabumi, telah menjalin kerjasama dengan Kementrian Agama (Kemenag) bidang pendidikan Madrasah Diniyah, Madrasah Tsanawiyah hingga Aliyah.

Hal ini diungkap Dadang Ridwan Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Sukabumi disela peringatan Hari Amal Bakti Kemenag Kabupaten Sukabumi ke-75.

Menurut Dadang, lembaga independen Dewan Pendidikan selama dua periode
terakhir telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan maupun Kemenag Kabupaten Sukabumi.

"Ini bagian yang juga merupakan intruksi atau anjuran dari Bupati Sukabumi agar ada perwakilan unsur Kemenag dalam kinerjanya, sehingga dapat terpetakan program apa yang berkaitan dengan pendidikan Madrasah.

"Program yang berkaitan dengan pembinaan terutama komite sekolah. Sekarang sudah mulai merata tidak hanya komite sekolah dibawah Disdik namun komite pada madrasah pun sudah diikut sertakan pada program Dewan Pendidikan," ungkap Dadang.

BACA JUGA : Hari Amal Bakti ke-75 Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi

Lebih jauh Dadang mengatakan peran serta Dinas Pendidikan, Kemenag, dan dorongan serta support Bupati Sukabumi kepada Dewan Pendidikan dapat ditingkatkan agar pendidikan di Sukabumi terjadi peningkatan.

"Jangan sampai jalan di tempat tapi harus ada pergeseran peningkatan kualitas. Apalagi dalam kondisi pandemi, Kami Dewan Pendidikan selalu memberikan masukan kepada Bupati, bagaimana caranya proses pendidikan dalam situasi ini tetap berjalan dengan baik," tegasnya.

Disinggung terkait tupoksi lembaga Dinas Pendidikan, Dadang menyebut, setiap tahun ajaran Pihaknya membuat rekomendasi kepada Bupati terkait kinerja Dinas Pendidikan.

"Kewenangan Dewan Pendidikan memberi masukan kepada Bupati input maupun output capaian Dinas Pendidikan," ungkapnya.

BACA JUGA : Razia Knalpot Racing di Wilayah Hukum Polres Sukabumi Kota

Masih kata Dadang, Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi diharapkan mampu lebih mencermati seluruh program yang dituangkan bagi kemajuan dunia pendidikan Sukabumi.

"Konteks penyelenggaraan perencanaan program harus dibarengi pengendalian, sehingga proses pembelajaran dapat ditingkatkan.

"Sebab biasanya sehebat apapun program, planing tapi bilamana pengendaliannya terabaikan itu akan rusak semua." tandasnya.(*)

SUKABUMI TERKINI