Razia Knalpot Racing di Wilayah Hukum Polres Sukabumi Kota

Selasa, 05 Januari 2021 - 20:54 WIB
Razia Knalpot Racing di Wilayah Hukum Polres Sukabumi Kota
Razia Knalpot Racing di Wilayah Hukum Polres Sukabumi Kota

TatarSukabumi.ID - Kepolisian Sektor Kebonpedes Polres Sukabumi menggelar Operasi Yustisi serta razia kendaraan berkenalpot racing di wilayah hukum Kebonpedes, Selasa (5/1/2020).

Operasi razia yang dipimpin Kapolsek IPTU Tommy Ganhany Jaya Sakti, berhasil mengamankan sejumlah pengendara yang masih nekad menggunakan kenalpot bising.

Ditemui di sela kegiatan di Mako Polsek Kebonpedes, Jalan Raya Sukaraja - Baros, Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes, kepada TatarSukabumi.ID Tommy menyatakan razia kali ini dilaksanakan dengan mengedepankan tindakan persuasif, humanis dan simpatik.

"Sesuai intruksi atasan baik Kapolres Sukabumi Kota maupun Kapolri, giat ini dilakukan secara humanis, tindakan pertama kami melakukan teguran kepada pengendara yang menggunakan knalpot bising," ungkap Tommy, Selasa (5/1).

BACA JUGA : Pemburu Babi Liar 3 Hari Hilang Tersesat di Hutan TNGGP Sukabumi

Lebih jauh Tommy menjelaskan, selain memekakkan telinga, knalpot jenis racing yang biasanya dipakai anak muda ini berpotensi menimbulkan masalah baru di masyarakat.

"Knalpot bising dapat berpotensi menimbulkan masalah baru, sejumlah kasus misalnya, akibat knalpot bising timbul ketersinggungan warga sehingga terjadi keributan, ini yang paling kita antisipasi," tegasnya.

Sanksi yang diberikan kepada pengendara yang masih membandel, selain memberikan teguran, Petugas memberi sanksi sosial bagi pelanggar.

"Sanksi pertama teguran, selanjutnya kepada yang masih membandel kita beri sanksi sosial, harus mengganti knalpot bising dengan knalpot original dan pembuat pernyataan di atas materai 6000 rupiah agar tidak mengulang perbuatanya. Sanksi yang di berikan semata mata juga untuk keselamatan pengendara juga," tandasnya.

BACA JUGA : Masyarakat Sukabumi Mulai di Vaksin Ternyata Seperti Ini Proses Vaksinasi Covid-19

Dalam operasi yang sama, Petugas Kepolisian memberikan masker kepada sejumlah pengendara yang masih lalai menerapkan protokol kesehatan.

Operasi Yustisi protokol kesehatan kami lakukan dalam rangka menekan sekaligus memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota," ungkap Tommy.(*)