Hari Amal Bakti 75 Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi

Selasa, 05 Januari 2021 - 19:25 WIB
Hari Amal Bakti 75 Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi
Hari Amal Bakti 75 Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi peringati Hari Amal Bakti (HAB) ke-75, yang dilaksanakan di Kantor Kemenag Kabupaten Sukabumi, Jalan Palabuhan II Lembursitu, Kota Sukabumi, Selasa (5/1/2020).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sukabumi, Hasen kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan, sejarah lahirnya Kementerian Agama berawal dari sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) melibatkan para Ulama, Kyai sehingga disetujui berdirinya Kemenag pada 3 Januari 1945 atau satu tahun setelah kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada awalnya, sambung Hasen, Kemenag memiliki tugas umum pemerintahan di sektor Agama yakni mengurus berbagai hal berkaitan kehidupan beragama yang diakui oleh negara sesuai konstitusi, sehingga tercipta negara berketuhanan yang maha esa dengan menjalankan syariat sesuai dengan agama masing-masing dibarengi taat berazaskan kehidupan bernegara.

BACA JUGA : Masyarakat Sukabumi Mulai di Vaksin Ternyata Seperti Ini Proses Vaksinasi Covid-19

"Memaknai HAB ke-75, dengan Menteri baru menetapkan agama sebagai sebuah inspirasi tidak lagi sebagai aspirasi, kemudian Kementerian Agama menjalankan tugas umum pemerintahan di bidang Agama dan Pendidikan.

"Selama ini pendidikan menjadi gonjang-ganjing antara seluruhnya di urus oleh Kemendiknas termasuk yang ada di Kemenag, tetapi konstitusi terakhir, pendidikan yang berazaskan agama di urus oleh Kemenag," ungkap Hasen, Selasa (5/1).

Lebih jauh Hasen menyatakan, berdasarkan cita-cita Kementerian Agama, maka Madrasah harus mampu meningkatkan mutu serta kualitas.

"Harapan kita di tahun 2021, kembali pada tugas pokok fungsi melayani ulama dan umat secara keseluruhan kita fokus
bagaimana membangun dan melayani umat beragama.

"Kedua kita menjalankan visi pemerintahan pusat dalam melaksanakan penjabaran kebijakan daerah yakni membangun manusia unggul serta memajukan Indonesia dengan mengedepankan sumber daya manusia unggul," tegas Kakan Kemenag Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Sukses Bangun 1600 Rutilahu di Sukabumi, Dedi Chardiman : Ketua FSKSS Rela Keluarkan Anggaran Pribadi

Ditemui di tempat yang sama, Ketua MUI Kabupaten Sukabumi, Oman Komarudin kepada TatarSukabumi.ID menyatakan, HAB ke-75 Kemenag merupakan sebuah momentum dalam meningkatkan kinerja pengabdian.

"Dalam momentum hari amal baik ini, terkhusus kepada seluruh pegawai negeri sipil lingkup Kementerian Agama untuk lebih merasa memiliki integritas menjalankan amanah sebaiknya karena tidak semua pegawai dapatkan kesempatan menjadi ASN," ungkap Ketua MUI Kabupaten Sukabumi.(*)